Consumer Goods

BLANJA.com Yakin Miliki Unique Selling Point Yang Tidak Dimiliki Kompetitor

BLANJA.com

Indonesia disebut sebagai pasar e-commerce terbesar untuk kawasan Asia Pasifik. Di tengah persaingan e-commerce di tanah air tersebut, BLANJA.com berhasil mengalami kenaikan Gross Merchandise Value (GMV) dua kali lipat setiap tahunnya dan pertumbuhan member lebih dari 70% sejak tahun 2014.

Sebagai e-commerce yang lahir dari dua perusahaan besar yaitu Telkom Indonesia dan e-Bay, BLANJA.com hadir sebagai e-commerce pertama yang memiliki misi untuk memberikan kontribusi positif dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia melalui pemberdayaan UKM. Halaman Asli Indonesia didedikasikan bagi UKM dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk lokal.

CEO BLANJA.com Aulia E Marinto menjelaskan, bahwa BLANJA.com memiliki unique selling point yang diyakini mampu menjadi senjata utama dalam berkompetisi di pasar yang semakin kompetitif. Unique selling point tersebut adalah kekuatan sinergi grup, baik dari Telkom Group dan sinergi BUMN .

“Implementasi dari sinergi ini sudah terbukti mampu membawa brand BLANJA.com sampai di tahap ini. Brand maupun UKM mengenal kami sebagai salah satu pilihan utama memperluas bisnis mereka secara online,” terang Aulia.

BLANJA.com mencatat pertumbuhan yang sangat positif. BLANJA.com mendapat kepercayaan lebih dari 45 ribu UKM yang tersebar di penjuru Indonesia. Melalui program #BLANJAJEMPUTUKM yang bersinergi dengan berbagai stakeholder, diantaranya; Kementerian BUMN melalui program Rumah Kreatif BUMN, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melalui pemberdayaan produk unggulan BumDes, Kementerian perindustrian melalui program e-smart IKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui program UMKM Go Online, Asosiasi E-Commerce Indonesia dengan program Kenduri e-UKM, Lokal Good, dan lain – lain.

Dalam program tersebut BLANJA.com berusaha untuk menjangkau UKM di seluruh pelosok negeri dalam rangka meningkatkan kualitas serta melakukan pendampingan, mulai dari memberikan edukasi cara membuka toko online, tips foto produk yang menarik hingga strategi pemasaran yang efektif. Pada tahun 2017, program ini berhasil membuat 30 ribu UKM mengadopsi sistem online yang tersebar di 60 kota Indonesia.

Aulia berbagi pencapaian yang diraih oleh BLANJA selama ini tidak lepas dari peran aktif beragam stakeholders. “Semoga kerja sama dan hubungan baik yang telah dibangun selama 4 tahun ini dapat terus terjaga dan berkembang lebih erat,” tutup Aulia.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top