Technology

Blibli.com Ungkap Alasan Orang Semakin Gemar Berbelanja Online

Ilustrasi: 123RF

Belanja secara online melalui marketplace atau e-commerce lainnya kian digemari masyarakat Indonesia. Banyak alasan yang kian lekat di benak konsumen untuk memilih kanal ini ketimbang berbelanja offline. Meski begitu, bukan berarti pasar konvensional ditinggalkan. Tidak sama sekali. Alasan orang memilih kanal online pun beragam, berikut beberapa alasan yang ditemukan Blibli.com melalui blognya.

Praktis

Alasan pertama mengapa berbelanja secara online kini dianggap lebih menyenangkan daripada pergi ke mall atau belanja di supermarket adalah kepraktisan. Kehidupan modern membuat orang memiliki sedikit waktu untuk berbelanja karena waktunya sebagian besar habis untuk bekerja atau beristirahat. Dengan adanya situs belanja online terpercaya, seperti Blibli.com dan lainnya, Anda bisa membeli segala kebutuhan sehari-hari tanpa harus keluar rumah.

Cukup memanfaatkan koneksi internet dan smartphone yang dimiliki, Anda pun bisa membeli barang kesukaan dari mana saja tanpa terhalang lokasi dan waktu. Kepraktisan tersebut bukan hanya pada proses pembeliannya saja, tapi juga pembayarannya. Anda bisa membayar produk yang sudah dipesan melalui online banking atau bayar di tempat (COD).

Anda juga tak perlu pergi ke lokasi penjual untuk mengambil barang karena barang yang dipesan akan dikirimkan ke alamat Anda oleh jasa kurir.

Harga Lebih Ekonomis

Di samping praktis, alasan banyak orang lebih memilih belanja online karena harga yang lebih ekonomis. Hal ini kian kuat lantaran banyak e-commerce yang tengah “mencari muka” dengan berbagai promo. Promo-promo yang ditawarkan pun beragam.

Belum lagi, Anda tak perlu menyiapkan uang bensin untuk transportasi ke lokasi penjual, jadi hitungannya jauh lebih hemat.

Mall online pun memiliki katalog produk yang lebih lengkap. Bahkan mencapai lebih dari satu juta produk, misalnya seperti yang bisa Anda temui di Blibli.com. Dengan katalog produk yang lebih lengkap, Anda pun bisa membandingkan dan memilih produk menurut harga yang lebih murah.

Biaya Pengiriman Semakin Murah

Enaknya belanja online adalah barang dikirim ke rumah. Jadi, Anda tak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli barang kebutuhan rumah tangga. Bahkan, tidak jarang e-commerce menawarkan ongkos kirim murah bahkan gratis bagi konsumen setianya. Menurut riset yang dilakukan oleh lembaga riset IPSOS pun promo langsung seperti bebas ongkir menjadi favorit para netizen.

Umumnya, Anda bisa belanja online gratis ongkir apabila berlokasi di kota yang sama dengan penjual barang. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan apalagi ketika berbelanja di akhir bulan saat anggaran sedang mepet.

Banyak pilihan metode pembayaran

Kemudahan lain yang ditawarkan oleh situs belanja online salah satunya adalah adanya beberapa variasi metode pembayaran. Pilihan metode pembayaran yang beragam membuat konsumen bisa memilih metode yang sesuai dengan keadaan mereka saat berbelanja.

Jadi, konsumen tak terpaku untuk selalu membawa uang tunai karena bisa menggunakan kartu kredit, transfer bank atau menukarkan kupon rewards yang jamak disediakan para e-commerce sebagai gamifikasi mereka.

Transaksi yang aman

Hal terakhir ini adalah kemajuan. Ya, isu mengenai keamanan transaksi mulai hilang lantaran para pemain e-commerce terus memperkuat sistem mereka dari kebocoran untuk orang berbuat curang. Kini, hampir setiap situs belanja online selalu menawarkan proses transaksi yang aman.

Seperti Blibli, keluarga dari Djarum Group ini, menggunakan layanan Credit Card Fraud Detection System dan VeriSign sehingga proses transaksi bisa berjalan lancar dan data konsumen pun tersimpan dengan baik. Kenyaman belanja online di atas bisa Anda dapatkan apabila belanja online melalui situs resmi Blibli.com atau menggunakan aplikasi Blibli.com. Aplikasi Blibli.com bisa dijalankan baik menggunakan smartphone Android melalui Google PlayStore atau iPhone melalui iOS AppStore.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top