AMS 2018 Leaderboard
Technology

Bagaimana Blockchain Bisa Dipakai di Program Loyalitas Konsumen?

Teknologi blockchain menjadi perbincangan hangat saat ini. Sistem yang ada di dalamnya, disebutkan dapat merubah sistem fondasi dari beragam industri bisnis, salah satunya ada perbankan. Namun, sistem teknologi ini ternyata sudah diadaptasi oleh industri penerbangan. Singapore Airlines baru-baru ini mengumumkan akan menerapakan teknologi blockchain dalam program loyalitas konsumennya.

Program frequent-flyer KrisFlyer milik Singapore Airlines Group akan memiliki kemampuan dompet digital berbasis blockchain pertama di dunia untuk program loyalitas maskapai. Nantinya, melalui penerapan blockchain dalam program loyalitas pelangan, dapat membantu para anggota merasakan manfaat KrisFlyer miles untuk aktivitas belanja sehari-hari pada mitra ritel Singapore Airlines Group.

Aplikasi dompet digital Krisflyer terbaru yang menggunakan teknologi inovatif ini akan diluncurkan dalam jangka waktu enam bulan mendatang. Aplikasi ini memungkinkan para anggota KrisFlyer untuk menggunakan ‘digital KrisFlyer miles’ dalam transaksi point-of-sale pada merchant ritel yang berpartisipasi.

Melanjutkan keberhasilan pelaksanaan proof-of-concept yang bekerja sama dengan KPMG Digital Village dan Microsoft, KrisFlyer saat ini akan mendaftarkan para mitra merchant ritel, yang berawal dari pasar Singapura. Aplikasi dompet digital lifestyle pertama untuk program loyalitas maskapai ini akan diaktifkan melalui teknologi blockchain, dengan menggunakan sistem blockchain pribadi milik Singapore Airlines Group dan hanya melibatkan para merchant dan mitra.

“Inovasi telah menjadi kontributor utama bagi kesuksesan Singapore Airlines sejak awal, dan kami sangat antusias dengan inisiatif pertama di dunia ini yang akan membawa lebih banyak keuntungan bagi para anggota program KrisFlyer kami,” ungkap CEO Singapore Airlines Goh Choon Phong.

Goh Choon Phong menambahkan, dalam penggunaan teknologi blockchain menjadi bentuk investasi Singapore Airlines Group untuk peningkatan digital bisnis, terutama yang berkaitan dengan kepentingan dan kenyamanan konsumen.

“Hal ini sejalan dengan inovasi digital blueprint yang baru saja kami luncurkan yang mana kami memiliki tujuan untuk menjadi maskapai digital terkemuka di dunia,” pungkasnya.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top