Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Ditunjuk OJK dan Kemensos, BNI Luncurkan Tabungan Anak Terlantar

tabungan anak terlantar

Bank BNI ditunjuk oleh Otoritas Jasa Keuangan dan Kementerian Sosial untuk meluncurkan produk tabungan khusus anak-anak yang menjadi target Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA). Produk tabungan tersebut dinamakan Tabungan Sosial Anak (TASA).

Adi Sulistyowati selaku Direktur Hubungan Kelembagaan & Transaksional Perbankan BNI mengungkapkan, langkah bersama antara OJK, Kementerian Sosial RI, dan BNI dalam menerbitkan TASA merupakan bentuk pemenuhan amanat Undang Undang Dasar 1945 yang menghendaki kehadiran Negara dalam memelihara Fakir Miskin dan Anak Terlantar.

“Melalui TASA, BNI menunjukkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan kesetaraan dalam mengakses produk-produk perbankan, termasuk anak-anak terlantar. Melalui program ini BNI sebagai salah satu bank pemerintah menegaskan fungsinya sebagai agent of development,” ujarnya di Jakarta, Minggu (20/8/2017)

Tabungan ini akan menjangkau anak-anak terlantar, anak jalanan, anak yang berhadapan dengan hukum, anak penyandang disabilitas, dan anak yang membutuhkan perlindungan khusus untuk mendapatkan akses pada layanan sosial dasar.

TASA diterbitkan sebagai produk kolaborasi BNI, OJK dan Kementerian Sosial RI yang didesain untuk meningkatkan akses anak-anak dalam mendapatkan dana bantuan pemerintah, sekaligus sebagai sarana pendidikan dan pembentukan karakter anak-anak untuk gemar menabung.

Peran BNI dalam kolaborasi ini adalah memastikan adanya nilai tambah yang dapat diterima oleh anak-anak pemilik TASA, yaitu memberikan kemudahan bagi anak-anak tersebut untuk menabung melalui pemberian rekening yang dilengkapi berbagai fasilitas perbankan.

TASA merupakan pengembangan dari produk tabungan sebelumnya yaitu Simpanan Pelajar yang diinisiasi oleh OJK.  TASA akan didesain seperti Simpanan Pelajar yang diterbitkan dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik, sehingga dapat mendukung program edukasi dan inklusi keuangan untuk mendorong budaya menabung sejak dini.

Pada tahap awal, BNI menargetkan akan menerbitkan TASA untuk lebih dari 23.000 anak yang bernaung di bawah Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (TASA) yang tersebar di seluruh Indonesia. Peluncuran TASA ini juga mendukung program literasi keuangan yang terlebih dahulu dilakukan BNI melalui Agen46.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top