Lifestyle & Entertainment

Borobudur Bakal Miliki Pusat Meditasi

Photo Credits: Joshidaniel.com

Sebagai salah satu warisan budaya terbesar bagi umat Buddha, Borobudur menjadi destinasi incaran wisatawan religi. Namun, pusat meditasi belum tersedia di kawasan ini. Tak ingin kehilangan peluang, Hotel Manohara pun buru-buru membangun pusat meditasi bagi para pengunjung.

Menangkap tren yoga dan meditasi yang tengah booming, Hotel Manahora segera membangun sarana meditasi bagi para pengunjung. Sarana meditasi tersebut dibangin di utara Hotel Manohara yang menghadap ke arah candi.

“Sebagai salah satu destinasi wisata religi bagi umat Buddha, Borobudur memang belum memiliki pusat meditasi. Tetapi di beberapa titik ada yang melakukannya secara kelompok kecil, seperti di kawasan Bukit Dagi Taman Wisata Candi Borobudur. Untuk itu kami coba ambil peluang ini, terlebih kini meditasi dan yoga tengah menjadi tren,” papar Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) Ricky SP Siahaan.

Ia menuturkan, komunitas meditasi dan yoga sudah menjamur diberbagai negara. Hal ini yang menjadi pertanyaan dari berbagai wisatawan.

“Karena ini adalah Candi Buddha tentu sangat melekat dengan meditasi dan yoga, jadi kenapa kita tidak membuat sarana tersebut?,” kata Ricky.

Pembangunan sarana meditasi ini diyakini Ricky dapat menjadi daya tarik tambahan bagi para eisatawan. Keberadaan pusat meditasi ini akan menjadi tanggung jawab PT TWC dalam “visitor managament” agar tidak semua orang beramai-ramai datang ke monumen tersebut.

“Jika selama ini para pengunjung beramai-ramai menaiki candi, kali inj berbeda. Jika mereka datang ke pusat meditasi maka mereka sambil menunggu untuk naik ke atas candi maka mereka mempunyai manfaat untuk bisa menguasai diri, kesabaran menunggu dan juga mendapatkan aura positif, energi positif lainnya melalui meditasi itu sendiri,” terang Ricky.

Rencananya, Ricky menambahkan, sarana meditasi ini akan dikelilingi kolam air untuk menambah kesan kesejukan. Apakah Anda tertarik bermeditasi di sini?

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top