SMEMBA 2018 Leaderboard
Communication

Brand Asia 2018 Memonitor Brand di Tengah Disrupsi dan Turbulensi

Perkembangan ekonomi dunia ditandai dengan dinamika pasar yang beragam. Mulai dari pertumbuhan dari sejumlah pemain yang 20 tahun lalu bahkan belum lahir hingga memudarnya kekuatan para penguasa industri karena tidak sigap menghadapi disrupsi dan turbulensi.

Menghadapi dinamika yang berlangsung di seluruh dunia tersebut, Nikkei BP Consulting, sebuah unit usaha dari Nikkei Group, tertarik untuk memonitor kekuatan brand dalam menghadapi disrupsi dan turbulensi. Menariknya, monitoring tersebut dilakukan lintas negara di Asia yang dinamakan Brand Asia Study. Studi ini mencoba membandingkan merek lokal dan global di negara-negara yang terlibat survei.

Di Indonesia, Nikkei BP Consulting yang juga pemilik koran ekonomi Jepang Nikkei Business Daily dengan oplah belasan juta dan sekarang merupakan pemilik salah satu koran ekonomi terkenal dunia Financial Times, menunjuk MarkPlus, Inc. sebagai mitra survei Brand Asia, baik dalam pelaksanaan maupun promosi. Setiap tahun, Nikkei BP Consulting dan MarkPlus, Inc. mengidentifikasi sejumlah brand global dan lokal yang kuat dari berbagai industri.

Daftar tersebut kemudian dipilih untuk disurvei dan dimonitor kekuatannya. Penilaian ini selanjutnya dibuat dan mengacu brand strength model yang dikembangkan Nikkei BP Consulting dan sejumlah profesor marketing dari berbagai universitas ternama di Jepang.

Ada empat variabel dan lima belas atribut yang diukur dalam survei sebagaimana tergambar dalam model di bawah ini:

Dari sini, didapat brand strength range yang menggambarkan lebarnya perbedaan antara skor brand strength tertinggi dan terendah, baik dibandingkan antarnegara maupun per sektor industri.

Skor brand strength yang tinggi dari suatu sektor industri bisa menjadi indikasi, brand dan sektor industri yang diterjuninya sedang naik daun. Tentu saja brand strength range per sektor industri juga bisa dilihat per negara.

Hasil lain yang juga menarik adalah skor brand strength tertinggi dan terendah dari brand yang disurvei di Indonesia yang ternyata memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan brand strenght tertinggi dan terendah dari negara-negara lain yang terlibat di Brand Asia.

Tidaklah mengherankan, jika ada brand dengan skor bagus di Indonesia, juga bisa masuk dalam kelompok papan atas brand dengan skor tinggi dalam studi antarnegara.

Secara resmi, MarkPlus dan Nikkei BP Consulting mengumumkan dan memberikan penghargaan kepada tiga besar dari setiap sektor industri, sepuluh besar gabungan brand global dan lokal, sepuluh besar brand global dan sepuluh besar brand lokal.

Pengumuman dan penyerahan penghargaan tersebut menjadi salah satu rangkaian acara The 4th ASEAN Marketing Summit. Selain itu, kerja sama MarkPlus, Inc. dan Nikkei BP Consulting bertepatan juga dengan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Siapa saja mereka? Berikut daftar pemenang Brand Asia:

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top