Lifestyle & Entertainment

Brand-Brand yang Numpang Promosi Kreatif “Jurassic World: Fallen Kingdom”

Source: Nerdist

Film Jurassic World kembali hadir di masa liburan musim panas  tahun ini dengan judul “Jurassic World: Fallen Kingdom.” Tak hanya para pecinta film besutan produser eksekutif kawakan Steven Spielberg ini yang menantikan film ini, tapi juga brand-brand. Brand-brand ini “numpang promosi” dalam film tersebut. Film ini saat ini sudah tayang di jaringan sinema di Tanah Air.

Beberapa brand memanfaatkan momentun Jurassic World teranyar dalam rupa-rupa bentuk,  entah dalam bentuk media placement, merchandise,  iklan kreatif, aktivasi, dan sebagainya.

Amazon,  misalnya, membuat sebuah boks kemasan raksasa yang ditaruh di kota Los Angeles, Amerika Serikat. Kotak kemasan itu berlogo Amazon dan Jurassic World dengan tulisan #AmazonFindsAway. Tak tahu apa isi kotak besar dengan beberapa lobang udara itu dan sering terdengar suara asing dari dalam boks. Misteri isi boks itu pun dikonteskan di jejaring sosial.

Amazon juga membuat iklan kreatif dalam bentuk video yang dikemas sebagai trailer film untuk mendukung kontes #AmazonFindsAway tersebut. Cerita berawal dari gudang kapal milik Amazon.

Brand kedua adalah Jeep Wrangler. Tampaknya,  brand ini sudah lama berkolaborasi sejak muncul pertama kalinya dinosaurus di pulau Isla Nublar dalam film dan menjadi kendaraan yang dipakai di pulau tersebut. Kendaraan ini dicat dalam empat warna,  yakni hijau, oranye, kuning, dan coklat. Jeep juga membuat iklan kreatif yang mengunakan ikon binatang purba di dalamnya.

Brand ketiga adalah Doritos. Camilan nachos ini memakai kemasan Falling Kingdom dan tersedia secara terbatas di sejumlah ritel di Amerika Serikat. Logo yang diwaralabakan tersebut mengganti kemasan nachos rasa Nacho Cheese dan Cool Ranch. Ikon dinosaurus tampil dominan, yakni T-Rex dan Blue, seekor raptor yang menjadi sahabat Oweb Grady yang diperankan oleh Chris Pratt.

Brand keempat adalah Dr. Pepper. Brand softdrink ini menerbitkan empat edisi spesial dengan ikon T-Rex, Blue, dan dua mahkluk purba baru dalam kemasannya. Konsumen diajak mengoleksi semua item untuk bisa ikut kontes berhadiah. Kabarnya, produk ini juga akan ditayangkan di film sebagai media placement.

Brand kelima adalah Dairy Queen. Dairy Queen merilis kemasan Blizzards yang  mengusung tema Jurassic. Masih banyak brand yang memanfaatkan film ini sebagai momentum pemasaran. Permen M&M, misalnya,  membuat iklan tentang rantai makanan dari dinosaurus sampai permen M&M.

Promosi dalam dan terkait film memang bukan barang baru. Banyak brand menggarapnya karena dinilai efektif. Khusus film Jurassic World teranyar ini, konon nilai promosinya mencapai US$ 185 juta.

Bagaimana pendapat Anda?

Referensi: Deadline.com | blog.hollywoodbranded.com

MARKETEERS X

Most Popular








To Top