Resource & Energy

Brand Pelumas Asal Amerika Serikat ini Optimistis Bersaing di Indonesia

Kendall Motorcycle Oil

Sebagai pemain yang baru memperkenalkan diri, Kendall Motorcycle Oil membidik pasar pelumas nasional yang terbilang gemuk. Tidak sendirian, pasar ini sudah diramaikan oleh banyak merek lokal juga internasional. Meski begitu, Kendall tetap optimistis dan menjadikan jaminan keaslian produk mereka sebagai diferensiasi.

Menjadi bagian dari Phillips 66 -produsen pelumas berskala global, Kendall Motorcycle Oil cukup percaya diri. “Kami berbeda karena kami fokus pada muara bisnis pelumas dan tidak direpotkan dengan urusan pengeboran minyak dan lainnya,” jelas International Sales Director Phillips 66 Julie Thompson.

Selain fokus pada bisnis penjualan oli, Julie juga menyebutkan salah satu kekuatan mereka adalah jalur distribusi yang dibangun bersama partner yang tepat. Di Indonesia, mereka bekerjasama dengan PT Kendali Andalan Sempurna (KAS) dan Blibli.com.

Dari sisi produk, Julie mengklaim bahwa produknya dibangun agar semakin adaptif dengan pasar Indonesia. Kontrol kualitas secara premium dan menjamin tidak adanya produk palsu -semua produk diimpor dari Amerika Serikat, menjadi beberapa hal yang mereka jual.

Melihat pasar, Kebutuhan pelumas mesin untuk kendaraan roda dua di Indonesia tercatat terus meningkat. Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) per Januari 2018, angka penjualan sepeda motor tercatat mencapai 482.537 unit atau naik 66.541 unit dari 415,996 unit pada bulan Desember 2017.

National Sales Manager KAS Michael Arief mengatakan, kehadiran Kendall Motorcycle Oil merupakan respon atas kehadiran Kendall Oil pada 2016. Saat ini, KAS sudah memperluas jaringan distribusinya di Jawa dan Bali. “Kami juga sedang memperluas jalur distribusi ke seluruh Indonesia atas respon positif publik sebelumnya terhadap pelumas berkualitas premium dari Kendall Oil,” kata Michael.

Penetrasi ini termasuk di ranah digital yang hak penjualan eksklusifnya dipegang oleh Blibli.com. “Pelumas motor kendaraan roda dua menjadi salah satu produk yang sangat dicari oleh pelanggan kami. Kerjasama ini sekaligus melengkapi deretan produk pelumas motor kendaraan berkualitas tinggi di Blibli.com,” kata Johanes Dede Senior Merchandising Manager Blibli.com.

Apakah Kendall bisa berkata banyak di tengah himpitan persaingan dengan Pertamina, Shell, Motul, dan merek lainnya? Menarik untuk disimak.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top