Automotive

Bridgestone dan Universitas of Tokyo Kembangkan Roda Bermotor Listrik

Pada tanggal 5 September 2019, Laboratorium Fujimoto dari program Pascasarjana Frontier Sciences di University of Tokyo, NSK Ltd., dan Bridgestone Corporation mengumumkan perluasan program penelitian dan pengembangan bersama untuk penciptaan masa depan yang dipelopori oleh Badan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (JST). NSK dan Bridgestone telah berpartisipasi dalam proyek ini sejak tahun lalu. Upaya perluasan ini mencakup perjanjian baru tentang penanganan paten dasar yang dihasilkan dari sebuah proyek.

Di dalam laporannya, program ini juga mengembangkan sistem pengisian nirkabel praktis pada motor untuk kendaraan listrik (EV). Muaranya, proyek ini dihadirkan untuk mengubah kebiasaan masyarakat dan menekan CO2 dalam jumlah minimal. Proyek ini telah berjalan dalam periode dari tahun 2018 hingga 2022 di bawah tema penelitian JST, yakni mengatasi kebutuhan global untuk mewujudkan masyarakat rendah karbon.

Kondisi ini memang dipandang kian kritis. Pasalnya, Dari total emisi CO2 Jepang (1.227 juta ton per tahun), 15% (184,5 juta ton per tahun) disebabkan oleh emisi dari mobil. Oleh sebab itu, pabrikan mobil di seluruh dunia telah mempromosikan pengembangan dan adopsi kendaraan listrik dalam menanggapi kondisi ini. Bahkan, negara di Eropa diharapkan dapat mengeluarkan peraturan tentang emisi CO2 yang dihasilkan mobil pada tahun 2020.

Proyek JST ini berusaha mengembangkan teknologi baru yang akan memastikan jarak tempuh kendaraan listrik lebih jauh dan konsumsi baterai yang lebih minim. Secara teknis, teknologi ini memasang motor di dalam roda yang dapat menerima tenaga listrik langsung dari jalan, baik saat mengemudi atau berhenti. Jika terwujud, sistem ini akan mengatasi kekurangan baterai di masa depan serta membantu mengurangi bobot kendaraan listrik itu sendiri.

Dalam proyek penelitian dan pengembangan ini, University of Tokyo bertanggung jawab untuk perumusan dan pengujian konsep pengisian daya listrik nirkabel, penelitian, dan pengembangan teknologi dasarnya. NSK akan mengawasi pengembangan motor roda yang lebih mudah dimasukkan ke dalam kendaraan dengan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan melalui proyek-proyek sebelumnya. Mereka juga akan mengeksplorasi kemungkinan metode pemasangan infrastruktur pengisian daya listrik nirkabel lainnya yang diperlukan masyarakat.

Sementara Bridgestone, perusahaan akan memimpin dan membantu proses pengembangan ban untuk membuat pasokan listrik yang sangat efisien terhadap motor roda saat pengisian dengan menggunakan teknologi material pada ban.

Pada tahun 2022, proyek ini akan menguji sistem pada kendaraan yang sudah dilengkapi dengan ban baru tersebut. Berdasarkan masukan dari berbagai organisasi dan perusahaan yang terlibat dalam pengembangan sistem ini, tim proyek tersebut akan melakukan pengembangan. Selanjutnya, mereka menargetkan transisi ke fase pengujian verifikasi pada tahun 2025.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top