Mshop-leaderboard-mobile
Consumer Goods

Buat Sepatu Basket Kian Inklusif, DBL Gandeng Ardiles

Buat Sepatu Basket Kian Inklusif, DBL Gandeng Ardiles DBL

Meski basket menjadi olahraga yang inklusif, lain halnya dengan infrastruktur pendukung bagi para atlet, salah satunya adalah sepatu basket. Seperti kita ketahui, harga sepatu basket di Indonesia masih didominasi merek luar dan membuat harganya terbilang mahal. Melihat peluang itu, perusahaan sports management DBL Indonesia dan produsen sepatu terbesar Indonesia Ardiles berkolaborasi meluncurkan lima seri sepatu basket. Harapannya, produk ini bisa membuat olahraga basket semakin inklusif lagi dan dimainkan oleh seluruh lapisan anak muda dari Aceh hingga Papua.

Founder dan Presiden Direktur DBL Indonesia Azrul Ananda menceritakan pengalamannya berkeliling Indonesia selama penyelenggaraan Honda Developmental Basketball League (DBL) serta Junio Junior Basketball League (JRBL) di 25 kota, 22 provinsi. “Selama bertahun-tahun menyelenggarakan kompetisi basket dengan standar tinggi dari Aceh sampai Papua, kami menemukan barrier demi barrier yang menghalangi semakin banyak anak untuk bisa bermain basket. Yang paling menghalangi ternyata adalah sepatu,” ujarnya.

Karena kesulitan memiliki sepatu berkualitas tinggi, banyak anak muda Indonesia yang nekat bermain basket telanjang kaki. Bahkan, ada pula yang bermain basket dengan menggunakan sepatu palsu, sepatu lari, hingga membeli sepatu yang kebesaran dengan alasan ekonomis. Akibatnya, para pemain pun kerap mengalami cedera engkel.

“Kami percaya, untuk basket bisa berkembang, harus meningkatkan partisipasi. Nantinya, partisipasi itulah yang akan menghasilkan dan membiayai prestasi,” tambah Azrul yang telah 13 tahun menggeluti perbasketan nasional.

Meski berkolaborasi dengan DBL, Azrul memastikan bahwa tak serta merta seluruh peserta DBL harus memakai sepatu ini. Sebaliknya, kehadiran sepatu basket ini hanya menjadi opsi. “Silakan saja jika mau memakai,” kata anak dari Dahlan Iskan itu.

Yang jelas, sepatu ini akan didistribusikan ke seluruh Indonesia dengan menggunakan channel ritel yang ada. “Kami akan menjual ke seluruh Indonesia. Distribusi akan kami perkuat seluas-luasnya melalui peritel di Indonesia,” katanya.

Sekadar catatan, sepatu basket Ardiles ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 350.000 per pasang. DBL pun menunjuk pebasket muda Indonesia Abraham Damar Grahita sebagai ambassador-nya. Abraham adalah pebasket yang namanya semakin bersinar setelah ikut dalam timnas SEA Games 2017 dan berhasil membawa pulang medali perak. Abraham dipilih karena dapat menginspirasi anak muda di Indonesia untuk bekerja keras menggapai mimpi.

Most Popular








To Top