Consumer Goods

Bukalapak Berdayakan UKM Lewat Sistem Kelas Online dan Offline

Berdayakan UKM

Bukalapak terus meningkatkan komitmen untuk pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) di seluruh Indonesia. Melalui program Kelas Ngelapak, Bukalapak membuka kelas untuk masyarakat umum yang ingin mengenal kiat dan seluk beluk dalam mengoptimalkan berjualan secara online di Bukalapak. Kelas ini memiliki kelas online dan kelas offline yang diselenggarakan di Bukalapak Learning Center.

“Kelas Ngelapak ini merupakan komitmen kami untuk secara berkesinambungan memberikan pelatihan kepada para UKM di Indonesia, khususnya yang masih pemula, agar bisnis mereka berkembang dan harapannya dapat meraih omset secara maksimal,” ujar Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak.

Fikri menambahkan bahwa ke depannya Kelas Ngelapak ini akan di adakan di Gedung SMESCO untuk menampung lebih banyak pelaku UKM yang tertarik dengan bisnis jualan via platform online. Selain itu produk-produk pelapak Bukalapak sebagian akan dipamerkan di SMESCO. Fikri berharap masyarakat mengenal produk-produk lokal karya para pelapak di berbagai daerah yang tentunya dari segi kualitas tidak kalah dengan produk luar negeri. Masyarakat yang tertarik untuk membeli produk yang terdapat di booth tersebut dapat membelinya di aplikasi maupun website Bukalapak.

Komunitas Bukalapak juga berbagi informasi mengenai berjualan online di Bukalapak dapat memberikan banyak keuntungan seperti modal awal yang sangat kecil karena tidak perlu mendirikan dan menyewa lahan sebagai tempat berjualan, lapak yang buka selama 24 jam, perluasan jangkauan pemasaran serta dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Hal ini sangat menguntungkan karena dapat mengembangkan kemampuan dan mendapatkan penghasilan tambahan dengan waktu yang lebih fleksibel.

Komunitas Bukalapak saat ini tersebar di lebih dari 80 kota di seluruh Indonesia yang terbentuk dari inisiatif para pelapak sendiri. Dengan adanya komunitas-komunitas ini, Fikri menyatakan bahwa Bukalapak ingin membantu dan berkerja sama dengan para pelaku UKM dari Sabang sampai Merauke untuk terhubung meskipun berada di lokasi yang berbeda.

“Di komunitas Bukalapak, kita percaya dengan konsep gotong royong dan kolaborasi. Rasa kebersamaan dan persaudaraan dalam berkomunitas ini menjadi penting agar setiap orang dapat menjadi pahlawan ekonomi bangsa,” pungkas Fikri.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top