Industry

Bukan Elektronik, Ini Produk yang Justru Paling Dicari Saat Ramadan

Photo Credits: inundaweb.com.br

Momen Ramadan membawa angin segar bagi berbagai sektor industri. Tak sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perusahaan platform iklan digital Criteo menemukan, bukan kategori elektronik lagi yang paling banyak dicari saat Ramadan, melainkan produk mainan. Lantas, seperti apa fakta lebih jauh yang ditemukan Criteo di lapangan?

Berdasarkan sejumlah data penjualan berbagai e-commerce pada Ramadan 2017, Criteo menemukan kategori Toys and Games di Indonesia saat Ramadan meningkat 91% dibandingkan bulan biasa. Kategori ini melampaui barang-barang elektronik (24%) yang umum menjadi primadona menjelang hari raya.

Fenomena ini ditemukan Criteo bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan Asia Tenggara. Secara umum, angka penjualan kategori mainan di wilayah ini naik hingga 62% saat Ramadan.

“Hal ini lantaran banyak yang ingin membelikan hadiah, baik untuk keluarga, anak, maupun diri mereka sendiri. Terlebih, generasi millennial saat ini secara umum memiliki penghasilan sendiri yang memungkinkan mereka untuk meneruskasn hobi mereka membeli mainan,” kata Manajer Umum Criteo Asia Tenggara, Hong Kong, dan Taiwan Alban Villani.

Di Indonesia, kategori produk terlaris kedua setelah mainan saat Ramadan adalah Home & Living (39%), disusul produk kecantikan dan kesehatan (35%).

Kategori elektronik dianggap Villani tak lagi menjadi primadona lantaran barang elektronik dianggap dapat digunakan selama beberapa tahun ke depan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top