Grapeshot Leaderboard
Lifestyle

Bukan Gen X atau Millennial, Siapa Itu Xennials?

gen x dame

Apakah kamu mengalami masa kecil analog, namun digital adulthood? Mungkin kamu tergolong ke dalam generasi Xennials. Yup! Generasi ini adalah mereka yang lahir di antara generasi X dan Millennials atau di antara tahun 1977-1985. Lalu, seperti apa karakteristik dan tanda dari golongan Xillennials atau Xennials ini?

Tak Selalu Narsis

Generasi Millennial identik dengan candu pada gadget dan media sosial. Mereka pada umumnya teridentifikasi cukup narsis dan selalu meng-update kegiatan mereka di media sosial. Berbeda dengan millennials, gen Xennials yang mengadopsi berbagai media sosial ketika mereka dewasa cenderung lebih calm down dan natural dalam menggunakan media sosial. Tidak senarsis generasi millennials.

Sinis Namun Optimistis

Generasi X terkenal lebih sinis dan kaku dibandingkan generasi millennials yang optimistis dan dinamis. Sementara generasi Xennials memiliki dua kepribadian ini. Mereka cenderung sinis dan kaku, namun mereka juga memiliki sikap optimistis seperti millennials.

Memiliki Handphone di Usia 20-an

Xennials harus memanggil teman mereka melalui telepon rumah saat masa kecil dan remaja. Mereka masih merasakan sensasi mengobrol menggunakan telepon kabel dan harus melalui orang tua si teman dulu untuk berbicara dengan teman mereka. Ketika mereka berada di usia 20-an, mereka baru dapat memperoleh telepon genggam.

Memiliki MySpace & MSN + Facebook & Instagram

Generasi Xennials mengalami masa ketika MySpace dan MSN Messanger menjadi tren. Seiring perkembangan teknologi, generasi ini pun turut berkembang meninggalkan dua aplikasi tersebut dan beralih ke Facebook plus Instagram. Xennials masih mengingat masa-masa transisi yang mereka alami dalam penggunaan berbagai fitur dari aplikasi tersebut.

Mengalami Tren Oregon Trail dan Flip Phones

Generasi Xennials tumbuh dengan permainan komputer Oregon Trail yang populer pada masanya. Tak heran jika Xennials kerap disebut sebagai Oregon Trail Generation. Tidak hanya permainan komputer yang legendaris ini, Xennials juga mengalami tren flip phones yang eksis di masanya.

Mengadopsi Teks Digital Namun Menyukai Tulisan Tangan

Meski mereka mengadpatasi penggunaan teks digital melalui gadget, generasi Xennilas masih menyukai bentuk handwritten note. Jika dibandingkan dengan generasi X, Xennials lebih mudah mengadaptasi teknologi baru.

Work-Life Balance

Tidak seperti Gen X yang cenderung kaku dan fokus pada pekerjaan yang sama ataupun Millennials yang memiliki kecenderungan bebas dari ikatan pekerjaan dan lebih mengapresiasi kehidupan pribadi, Xennials tidak seperti itu. Xennials peduli terhadap work-life balance. Mereka fokus pada pekerjaan mereka, namun memberikan batasan karena mereka tidak ingin pekerjaan menggangu kehidupan pribadi. 

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X








To Top