Industry

Buktikan Terus Kreatif, 10 Brand Rebut Penghargaan Branding Campaign of The Year

Kampanye pemasaran merupakan taruhan bernilai besar dari sebuah brand dalam membangun citranya. Melalui kampanye, brand dapat mendapatkan awareness atau justru ditinggalkan oleh konsumennya. Pesan dari sebuah kampanye menjadi jaminan akan kehidupan brand itu sendiri.

Kreativitas menjadi kunci sukses utama dalam membuat kampanye. Namun, kreativitas juga harus dibarengi dengan pemahaman pasar agar engagement tidak tinggal nama. Kampanye yang kreatif, engage, dan memiliki relasi dengan sasaran pasar menjadi sangat penting karena perannya yang bisa menjadi pendongkrak awareness dan pintu awal sebuah brand advocacy.

Indonesia Branding Campaign of the Year yang digagas oleh MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight sejak 2017 hadir sebagai apresiasi pada merek yang memiliki strategi kampanye pemasaran yang tepat.

Membagi sasaran audience, Indonesia Branding Campaign of the Year 2019 dibagi menjadi empat kategori, yaitu Above The Line Campaign, Below The Line Campaign, Digital Campaign, dan Public Relations Campaign.

Penilaian pemenang penghargaan dikaji dan ditentukan oleh juri, yang berisikan Ketua Dewan Periklanan Indonesia (DPI) RTS Masli, Ketua Umum Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) Janoe Arijanto, Sekretaris Jenderal Indonesia Marketing Association (IMA) Profesor Andrianto Widjaja, akademisi London School of Public Relations (LSPR) Alexander Mamby Aruan, Ketua Indonesian Digital Measurement Consortium Jerry Justianto serta dari tim MarkPlus, Inc. sendiri.

Dan berdasarkan parameter kreativitas, angka engagement, channel kampanye, dan cara mengolah isu, berikut adalah pemenang Indonesia Branding Campaign of the Year 2019.

Above the Line:

Ramayana – #KerenLahirBathin Menyambut lebaran
Mandiri – Mandiri Online “Mudah Beneran”
Mandiri – KPR Millenial

Below the Line:

Kementrian Pariwisata – Calender of Event 2018
Mandiri – Mandiri Big Bad Wolf 2018

Digital:

Aqua – #AdaAqua
Good Time – #MakinNikmatMakinHemat

Public Relations:

Kementrian Keuangan – Annual Meetings World Bank Group 2018
Kementrian Kesehatan – Kampanye Imunisasi MR
Pertamina- Satukan Energi Untuk Sulawesi Tengah

Selain peraih penghargaan Indonesia Branding Campaign of the Year 2019, diberikan juga beberapa penghargaan lain yang diberikan kepada brand atau personal, yang memang memiliki dedikasi di bidangnya masing-masing.

Penghargaan tersebut di antaranya Marketing 3.0 Communication Award, yang diberikan kepada BRI. Bank BUMN tersebut dinilai berhasil ikut mempromosikan pariwisata Indonesia berkat program dan kampanyenya, termasuk program Pesona Mudik dan BRI Mandeh Run 2019 yang menjadi ikon baru wisata olahraga Sumatera Barat.

Lalu, ada Hermawan Kartajaya Entrepreneurship Award yang diberikan kepada Kiosk Pertamax. Walau berstatus perusahaan BUMN, Pertamina memiliki inovasi Kiosk Pertamax, yang menyediakan BBM Non Subsidi Pertamax dan Pertamina Dex dalam bentuk kemasan. Efek positifnya adalah agenda mudik masyarakat tetap lancar berkat pasokan energi terpenuhi.

Sementara sutradara asal Indonesia yang meraih popularitas di Hollywood, Livi Zheng, meraih penghargaan Tourism Marketeer of the Year 2019. Karya terbarunya bertajuk Bali: Beats of Paradise mengharumkan budaya Indonesia secara global, serta diperhitungkan masuk nominasi Piala Oscar 2019 bersaing dengan film-film Hollywood lainnya.

Terakhir, ada penghargaan Entrepreneurial Diplomat of Indonesia 2019, yang didedikasikan kepada Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi dan Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun. Keduanya dianggap berhasil mempererat hubungan negara di mana mereka ditugaskan dengan Indonesia, serta membuat Indonesia makin dikenal di negara tersebut.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top