Government & Public Services

Bunga KUR Akan Turun Jadi 7% Tahun 2017

Sebagai bentuk keberpihakan pemerintah kepada rakyat kecil, pemerintah berencana akan menurunkan lagi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada 2017 menjadi 7% per tahun. Inilah yang menjadi perhatian Presiden Jokowi kepada masyarakat.  Hal ini disampaikan oleh Menkop & UKM AAGN Puspayoga dalam acara Percepatan Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2016 dan Pengembangan Kewirausahaan Wilayah Bandung di Bandung, Selasa (23/2/2016).
 
Puspayoga menambahkan, dulu bunga KUR 22% per tahun. Namun, sekarang diturunkan menjadi 9%. “Tidak boleh lagi pengusaha besar bunga kreditnya lebih kecil dari pengusaha kecil. Utamakan pengusaha kecil supaya jumlah lapangan kerja meningkat, kesejahteraan masyarakat meningkat, dan tingkat kemiskinan menurun,” kata Puspayoga.
 
Para pengusaha kecil ini, lanjut Puspayoga, sudah terbukti dapat menopang perekonomian Indonesia. Terutama, menjadi benteng perekonomian pada saat krisis ekonomi tahun 1998. “Untung ada koperasi dan UKM, makanya koperasi dan UKM harus diperhatikan. Inilah yang menjadi perhatian Presiden Jokowi,” jelas Puspayoga.
 
Sementara itu, Pemimpin Wilayah BRI Bandung Priyastomo mengucapkan terima kasih kepada Menkop & UKM yang telah berkenan menyerahkan secara langsung realisasi KUR kepada nasabah KUR BRI. “Ke depannya, kami harap dapat bekerjasama dengan Bapak maupun dinas terkait di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya dalam mendorong percepatan penyerapan KUR BRI dan meningkatkan kewirausahaan dan pendapatan asli daerah,” ujar Priyastomo.
 
Selain itu, ia berharap semua pelaku usaha dapat merasakan manfaat KUR BRI untuk pengembangan dan kemajuan usaha mereka. Sebagai bank berfokus terhadap sektor UMKM, kantor wilayah BRI Bandung mempunyai jaringan kerja yang cukup luas. Kantor Wilayah BRI Bandung memiliki 30 kantor cabang, 43 KCP, 65 KK, 608 BRI Unit, 278 TerasBRI, 43 TerasMobile, 1.667 Mesin ATM dan 11.882 Mesin EDC termasuk 4.060 agent BRIlink.
 
“Dengan jumlah jaringan unit kerja yang tersebar luas, selama 2016 sampai dengan posisi 19 februari 2016 kami telah merealisasikan kredit KUR baru baik mikro maupun ritel sebanyak 66.445 debitur dengan total realisasi sebesar Rp 1,051 juta,” pungkas Priyastomo.
 
Editor: Sigit Kurniawan 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top