Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Spotify: Ada Cara Baru Dekati Konsumen Lewat Playlist Lagu

potify kini memberikan kesempatan kepada para merek untuk menampilkan playlist pilihannya melalui Sponsored Playlist sebagai salah satu medium menjadi lebih intim dengan target konsumennya

Kebiasaan masyarakat dalam mendengarkan musik sudah banyak berubah. Semenjak era piringan hitam, kaset, CD, MP3, hingga menggunakan layanan streaming musik. Tidak hanya format, cara masyarakat mendengarkan musik juga tidak hanya berdasarkan nama musisi dan judul album saja. Semenjak era digital terutama streaming, banyak penikmat musik yang mendengarkan musik berdasarkan suasan hati melalui playlist.

Penyedia musik streaming, Spotify, mengklaim memiliki lebih dari 400 playlist yang dibuat oleh mereka sendiri yang mencakup setiap genre, suasana, dan momen – sehingga menjadi soundtrack bagi jutaan orang di seluruh dunia setiap harinya.Playlist membuat setiap saat lebih baik, mulai dari perjalanan rutinitas sehari-hari, saat ingin berfokus, olahraga, main game, pesta, sampai menjelang tidur.

Tidak hanya itu, Spotify kini memberikan kesempatan kepada para merek untuk menampilkan playlist pilihannya melalui Sponsored Playlist sebagai salah satu medium menjadi lebih intim dengan target konsumennya.

“Saat ini, banyak orang yang mencari konten untuk melengkapi dan mewakili momen-momen di dalam hidup mereka. Kami melihat bagaimana pengguna kami tidak hanya secara pasif stream musik, tetapi mereka juga menggunakan lagu sebagai soundtrack untuk berdasarkan momen yang relevan bagi mereka,” ujar Joanna Wong, Head of Business Marketing untuk Spotify APAC.

Wong melanjutkan bahwa saat ini masyarakat hidup dalam ruang dan waktu yang bising. Banyak iklan disodorkan kepada konsumen dari segala arah. Oleh sebab itu ia meragukan bahwa cara beriklan seperti itu menjadi efektif.

“Ketika anda menargetkan momen tertentu, anda membangun jembatan antara brand dan pengguna. Dengan Sponsored Playlists, kami berharap untuk membantu brands terhubung dengan target audiens mereka di waktu yang tepat,” jelas Wong.

Spotify: Ada Cara Baru Dekati Konsumen Lewat Playlist Lagu Spotify-Consumer-Insights-page-001-724x1024

Spotify: Ada Cara Baru Dekati Konsumen Lewat Playlist Lagu Spotify-Consumer-Insights-page-002-724x1024

 

Berdasarkan data yang dirilis oleh Spotify Indonesia, bahwasanya pengguna Spotify di Indonesia mengeluarkan dana lebih banyak untuk konsumsi makanan, pakaian, acara musik, dan berwisata dibanding nonpengguna Spotify. Selain itu, data tersebut juga menyebutkan bahwa pengguna Spotify di Indonesia lebih banyak mendengarkan musik ketika sedang bepergian menggunakan transportasi umum dan berolahraga.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top