Uncategorized

Cara Brand Bangun Engagement dengan Pengguna Twitter

Beberapa waktu lalu, Twitter mengumumkan sepuluh brand asal Indonesia yang berhasil engage dengan para pengguna Twitter. Peringkat ini diukur dari keterlibatan audiens terhadap merek selama pertengahan tahun pertama tahun 2019.

Menurut Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia & Malaysia menilai bahwa para brand dan penggunanya telah membentuk percakapan yang tersiar di Twitter. “Twitter adalah platform berbasis minat. Masyarakat Indonesia menggunakan platform ini untuk berinteraksi, mengikuti, serta mencari informasi tentang merek,” ujar Dwi.

Ada beberapa cara brand bisa mengoptimalkan Twitter sebagai sarana untuk engage dengan calon konsumennya. Pertama, dengan mengoptimalkan penggunaan konten video. Konsumsi video di Twitter di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 150% dibandingkan tahun sebelumnya di periode yang sama. Jumlah video yang diunggah di Twitter meningkat signifikan dan brand telah menyadari pengaruh besar dari konten video.

Penelitian dari Twitter menunjukkan bahwa cuitan dengan video yang menarik bisa menghasilkan interaksi dengan pengguna di Twitter 10x lebih banyak dibandingkan cuitan tanpa video atau In-Stream Video AdsBrand di Indonesia kini mulai berinvestasi dalam pembuatan video kreatif dan berkualitas untuk mempromosikan produk dan layanan terbaru, sekaligus menjangkau audiens mereka. Brand juga menggunakan video untuk kebutuhan berbagi informasi dan edukasi.

Cara berikutnya adalah berkolaborasi dengan pihak ketiga. Hal ini telah menjadi tren di kalangan 10 top brand di Twitter. Hal ini terlihat dari banyaknya brand yang menggunakan platform digital dan meneruskan percakapan di Twitter. Salah satu brand yang menerapkan hal ini adalah.

Samsung Indonesia ketika meluncurkan seri Galaxy A yang mengajak pengguna untuk membuat video tarian yang terinspirasi dari grup Kpop BLACKPINK dengan lagu mereka yang berjudul “Kill This Love” dengan menggunakan beragam fungsi dan fitur andalan ponsel pintar tersebut.

Berikutnya adalah menjadil bagian dari percakapan di Twitter. Pengguna Twitter mempunyai pengaruh besar serta sangat terbuka terhadap beragam ide, produk, dan layanan baru. Mereka senang menjadi yang pertama untuk mencoba dan membeli. Penting bagi brand untuk berinteraksi dengan pengguna Twitter dan komunitas di Indonesia guna membangun kepercayaan dan pada akhirnya dapat mencapai target atau objektif bisnis.

“Dari industri e-commerce, teknologi, hingga perbankan, banyak merek menggunakan Twitter secara konsisten sebagai platform untuk memperkuat kehadiran mereka di ranah digital sekaligus menciptakan percakapan yang dapat membantu meningkatkan top of mind,” tutup Dwi.

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top