Consumer Goods

Cara Mayora Dorong Le Minerale dan Teh Pucuk Harum Kuasai Pasar

Photo Credits: Le Minerale

Mayora Group kian gencar melakukan inovasi melalui beragam produk beverages baru dalam beberapa tahun terakhir. Strategi yang digunakan Mayora telah mengantarkan produk Teh Pucuk Harum menjadi market leader di RTD Tea (non-cup jasmine) dengan market share 48% per Oktober 2017. Tidak hanya Teh Pucuk Harum, produk Le Minerale yang baru berusia dua tahun tercatat menjadi pemain terbesar nomor dua di kategori AMDK berdasarkan data Nielsen Retail Audit-YTD Oktober 2017.

Pencapaian Mayora Beverages dalam industri Fast-Movement Consumer Goods (FMCG) dikatakan Riko Sistanto, Director of Beverages Mayora Indah tak lepas dari kecepatan dan ketepatan Mayora dalam membaca pasar. Meski 2017 diakui Riko menjadi tahun yang cukup berat bagi pemain FMCG, namun Mayora Beverages berhasil menunjukkan performa yang kuat dengan bertumbuh lebih dari 30%.

Selama kita melihat dari sisi peluang, walaupun pasar mengalami penurunan, pemain masih bisa memaksimalkan pertumbuhan. Tentunya dengan tim yang kuat,” kata Riko.

Sebagai pemain, Riko mengatakan Mayora terus berupaya memahami pergerakan yang terjadi pada konsumen. Bentuk eksekusi yang dilakukan disesuaikan dari sisi harga yang affordable bagi semua segmen. Inovasi disertai customer engagement yang kuat terus dilakukan sejalan dengan pergeseran yang terjadi.

Membuka Pasar

Salah satu bentuk eksekusi yang efektif diungkapkan Riko terletak pada kemampuan Mayora dalam membuka pasar. Mayora Beverages menjadi pemain pertama yang berani meluncurkan SKU berukuran 1.5 liter untuk keperluan in-home consumption melalui produk Teh Pucuk Harum.

“Pergerakan pasar dan peluang yang ada kami ambil dengan cepat melalui inovasi kemasan ini. Dari evaluasi yang kami lakukan, ternyata cara ini dapat menimbulkan multiplayer effect. Mungkin sebelumnya hanya satu orang di dalam keluarga yang membeli produk ini, namun yang mengonsumsi produk ini pada akhirnya bisa meliputi seluruh anggota keluarga, dan ini berpotensi membuka pasar baru,” jelas Riko.

Membidik Emotional Experience

Perihal strategi pemasaran, Mayora Beverages bisa dibilang cukup berani mengalokasikan dana yang besar. Alasannya sambung Riko, tak sekadar sisi physical yang harus diperhatikan dalam membangun experience bagi target market, melainkan emotional experience.

Mayora berusaha membangun emotional experience pada setiap campaign yang diluncurkan. Untuk Le Minerale yang membangun kedekatan gaya hidup sehat dengan produk mereka, berbagai aktivitas olah raga seperti Gerakan Indonesia Sehat menjadi cara dalam membangun emotional experience ini. Sementara Teh Pucuk Harum menghadirkan keunikan experience bagi segmen konsumen yang lebih muda dengan memberi kesempatan bagi anak-anak mencoba menjalani proses produksi Teh Pucuk Harum di Kidzania.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top