Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Cara Mudah Aplikasikan Dua Fitur Wirausaha Gratis Google

Cara Mudah Aplikasikan Dua Fitur Wirausaha Gratis Google 20171027_120320

Catatan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah berdasarkan data BPS melansir, rasio wirausaha Indonesia pada 2016 naik menjadi 3,1% dari 1,67% pada 2013/2014. Pertumbuhan jumlah wirausaha di Indonesia mendorong Google meluncurkan fitur gratis bagi pelaku wirausaha, seperti Postingan Google Bisnisku dan Uji Situs Saya. Lalu, seperti apa fitur ini bekerja? Dan bagaimana cara mengoperasikannya?

Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen mengatakan, fitur ini dapat memudahkan pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka melalui online. “Google Bisnisku dapat membantu pelaku usaha dalam membangun kredibelitas bisnis mereka, sementara Uji Situs Saya dapat membantu mereka dalam mengetahui kecepatan seluler dan jumlah pengunjung yang hilang dari website bisnis mereka,” terang Tony di Jakarta, Kamis (26/10/2017).

Lebih jauh Corporate Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana menerangkan, ada beberapa langkah mudah dalam melakukan posting di Google Bisnisku. Pertama,  pelaku usaha diharuskan melakukan login ke Google Bisnisku untuk kemudian membuat postingan dengan mengklik posting di kolom menu.

Selanjutnya, pelaku usaha dapat membuat konten yang ingin mereka tampilkan pada postingan mereka. Beberapa opsi seperti foto, teks, acara dapat diatur sesuai keinginan dengan mengklik kolom tersebut dan diisi dengan informasi yang diinginkan. Terakhir, pelaku usaha dapat memilih kolom Pratinjau untuk meninjau tampilan tersebut atau memilih opsi Publikasikan untuk memposting informasi tersebut.

“Dengan memposting melalui Google Bisnisku, pelaku usaha dapat berbagi informasi mengenai produk, servis, dan layanan yang diberikan untuk dapat ditemui langsung di penelusuran Google dan Maps. Ini memungkinkan pelanggan yang mencari informasi Anda mendapat konten yang tepat sesuai apa yang Anda posting,” jelas Tony.

Yang terbaru, kini Google memiliki fitur Uji Situs Saya. Jason menjelaskan, fitur ini berfungsi untuk melihat efektivitas sebuah situs. Dengan mengunjungi www.testmysite.withgoogle.com,  dan mengisi kolom yang tersedia dengan alamat website yang akan diuji, pelaku usaha dapat mengetahui performa website mereka. Informasi mengenai kecepatan seluler dan desktop, serta persentase jumlah pengunjung yang hilang dapat terlihat dari fitur ini.

“Dengan fitur gratis terbaru ini, pelaku usaha dapat lebih mudah melakukan kontrol terhadap bisnis mereka dengan mengetahui update performa website mereka,” terang Jason.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top