Lifestyle

Cara Terbaik Perawatan Bayi Selama Masa Neonatal

Photo Credits: www.fnapc.com

Neonatal merupakan golden moment di dalam masa kehidupan manusia. Pasalnya, 28 hari masa awal kehidupan bayi ini akan berpengaruh pada tumbuh kembangnya ke depan. Tak bisa sembarangan, diperlukan penanganan khusus untuk merawat bayi yang baru keluar dari zona aman mereka (kandungan ibu). Lantas, seperti apa cara terbaik perawatan selama masa neonatal?

Penuhi Kebutuhan Fisik

Bukan hanya tugas ibu, memastikan perawatan bayi selama masa neonatal menjadi tugas ayah dan orang-orang sekitar. Dr. Bernie Endyarnie Medise, SpA(K), MPH, dari UKK Tumbuh Kembang-Pediatri Sosial, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan memastikan terpenuhinya kebutuhan fisik bayi selama masa neonatal merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan.

“Pastikan bayi memperoleh nutrisi yang baik dan seimbang karena di masa ini pencernaan mereka masih belum berkembang. Persoalan higenis pun tak boleh terabaikan. Apalagi, kulit bayi selama masa neonatal rentan terserang gangguan penyakit dan infeksi. Terakhir, lakukan perawatan fisik (kulit, rambut, dan lain-lain) serta memberikan stimulasi fisik,” papar Bernie.

Memastikan Kebutuhan Mental/Emosional

Lebih lanjut Bernie menjelaskan, aspek kesehatan mental atau emosional merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan. Pastikan setiap individu yang berada di sekitar bayi memberikan afeksi kepada bayi tersebut. Lakukanlah dengan memberikan stimulasi multi sensori dan kasih saying.

“Stimulasi multisensory akan bermanfaat jika terjadi secara bersamaan, terintegrasi, dan terikat satu sama lain,” jelas Bernie.

Penuhi Kebutuhan Spiritual

Percaya atau tidak, kebutuhan spiritual nyatanya berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. Merawat bayi sesuai dengan nilai-nilai agama dan etika yang baik akan berdampak baik pada pertumbuhan bayi tersebut. “Stimulasi dini merupakan cikal bakal proses pembelajaran, pendidikan dan pelatihan yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang dan kesehatan yang baik,” tutur Bernie.

Jadi, pastikan bayi Anda memperoleh seluruh kebutuhan tersebut secara baik selama masa neonatal. Ingat, bukan hanya tugas Ibu, ini juga menjadi pekerjaan rumah Ayah dan pihak keluarga untuk memastikan tumbuh kembang bayi selama masa neonatal.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top