Mshop-leaderboard-mobile
Technology

CCO Shopee Bocorkan Strategi Bisnis Shopee ke Depan

CCO Shopee Bocorkan Strategi Bisnis Shopee ke Depan shopee-coo
Photo Credits: Marketeers

Perkembangan pesat StartUp asal Singapura, Shopee diakui Chief Commercial Officer Shopee Junjie Zhou di Singapura, Rabu (02/08/2017) tak lepas dari strategi Garansi Shopee, Gratis Biaya Pengiriman, dan Garansi Harga Termurah. Kini, Shopee optimistis bertumbuh double digit dengan menambah strategi binis mereka. Seperti apa strategi bisnis baru dari Shopee?

Menyusul strategi terdahulu Shopee yang berhasil menyumbang pertumbuhan SEA mencapai 4.7% atau dua kali lipat lebih besar dibandingkan market Eropa (1.7%), dan USA (1.6%), Shopee kini berinovasi melalui tiga strategi bisnis terbaru.

Seller Empowerment, Expand Market Segments, dan Official Shops adalah tiga strategi tambahan yang akan kami gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan Shopee hingga double digit,” kata Junjie.

Seller Empowerment dilakukan Shopee dengan meningkatkan kualitas penjual. Junjie menerangkan, Shopee berupaya membangun komunitas penjual yang kuat dengan beragam aktivitas, diantaranya Kampus Shopee yang diadakan di Indonesia.

“Kampus Shopee merupakan kegiatan yang kami inisiasi dalam bentuk edukasi yang dapat mendukung penjual mengembangkan kemampuan bisnis mereka,” terang Junjie. Aktivitas yang dilakukan Shopee sejak tahun 2016 ini tengah berlangsung di 13 kota di Indonesia, dan berhasil menjangkau 900 peserta.

Tidak sebatas itu, Shopee pun menggandeng partner strategis yang dapat menginspirasi para penjual Shopee, diantaranya Facebook.

Strategi tambahan berikutnya adalah Expand Market Segments. Junjie menjelaskan, tingginya aktivitas belanja online di Asia Tenggara mendorong Shopee untuk menumbuhkan portofolio produk bagi pembeli Shopee.

Indonesia sebagai penyumbang terbesar pada bisnis Shopee (40%) telah menerapkan strategi ini melalui kerja sama dengan beberapa brand seperti L’Oreal dan Oppo. Cara ini sekaligus menjadi implementasi dari strategi bisnis Shopee berikutnya, Official Shops Shopee.

Strategi ekspansi Official Shops Shopee pada dasarnya memiliki kesamaan dengan Expand Market Segments. Keduanya saling bersinergi untuk menjangkau lebih banyak segmen pembeli melalui penambahan angka portofolio penjual dan produk.

Akankah tiga strategi tambahan Shopee mampu mencapai target pertumbuhan double digit Shopee?

Most Popular








To Top