Markas Kaskus Leaderboard
Lifestyle

Cek Jadwalmu, Kunjungi Sepuluh Event Nasional Tahun 2018

Photo Credits: Iron Man Bintan

Berbicara soal hiburan, Indonesia memang punya segudang sarana. Setiap tahun, ada ribuan event yang digelar di negeri ini. Mulai dari konser musik, gelaran fesyen, hingga pameran seni pun tak pernah absen mewarnai kalender event Indonesia. Tahun ini, tanpa perlu ke luar negeri, kamu bisa mencoba segudang event nasional. Namun, ada sepuluh gelaran nasional yang patut kamu datangi, apa saja itu?

1. Java Jazz Festival

Gelaran festival musik jazz tahunan, Java Jazz menjadi event pertama yang wajib kamu coba di tahun ini. Digelar pada 2-4 Maret 2018 di JI Expo Kemayoran Jakarta, kamu bisa menikmati festival musik jazz terbesar di Selatan Hemisfer ini.

Tahun ini, Java Jazz memboyong sejumlah penyanyi ternama, seperti Avery*Sunshine, Curtis Stigers, ELAN TROTMAN, JEFF LORBER & , Ivan Lins, JP Cooper, dan deretan penyanyi internasional lain. Tak hanya itu, tahun ini Java Jazz pun akan menggelar special show dari LAUV. Tak ketinggalan, sederet penyanyi dalam negeri seperti Maliq & D’Essentials, Yura Yunita, Kunto Aji, The Daunas, dan deretan penyanyi nasional lain akan meramaikan festival ini.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp 630,000,- untuk tiket harian, atau Rp 1,465,000,- untuk 3 day pass ticket, kamu bisa mengikuti festival jazz legendaris ini. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengakses di www.javajazzfestival.com.

2. Pesta Kesenian Bali

Bergeser ke pulau seribu pura, Bali, kamu bisa menikmati festival seni terpanjang di Indonesia. Digelar kurang lebih selama satu bulan (16 Juni-14 Juli 2018), kamu bisa bertemu dengan ribuan seniman dari pulau Dewata Bali. Akan ada beragam jenis kompetisi kesenian yang dilakukan, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Festival ini telah menjadi festival tahunan sejak 40 tahun lalu dan selalu dihadiri presiden RI setiap tahun. Untuk berkunjung ke Pesta Kesenian Bali, kamu bisa mengakses informasi lebih lanjut di www.disparda.baliprov.go.id.

3. Jember Fashion Carnaval

Tak perlu terbang jauh ke Brazil atau London untuk menyaksikan gelaran sekelas Rio Carnival dan Noting Hill. Di Jember, Jawa Timur kamu bisa menyaksikan gelaran fashion extravaganza yang tak kalah menarik. Bagaimana tidak, gelaran ini sudah masuk ke dalam peta kota karnaval dunia. Digelar selama empat hari (7-12 Agustus 2018), acara ini akan menampilkan deretan fashion extravaganza sepanjang tiga meter dari kategori anak, pakaian adat, pameran, hinggan konvensi fesyen. Kamu bisa memantau informasi terbaru seputar event ini melalui info@disbudpar.jatimprov.go.id.

4. Iron Man 70.3 Bintan

Photo credits: www.ironmanbintan.com

Berolahraga sekaligus menjelajah menikmati keindahan alam Bintan patut kamu coba di tahun ini, apalagi untuk kamu yang punya resolusi hidup sehati di 2018. Iron Man 70.3 Bintan akan menjadi event yang paling cocok untuk kamu. Pasalnya, di sini kamu bisa berlari, berenang, sekaligus bersepeda sambil menjelajah indahnya alam Bintan, Kepulauan Riau. Tidak hanya itu, mengikuti event ini sekaligus akan menambah gengsi kamu. Pasalnya, Iron Man Bintan masuk ke dalam kualifikasi dunia dan tentunya event ini dihadiri oleh para atlet dari berbagai penjuru dunia.

5. Borobudur Marathon

Photo credits: interaktif.kompas.id

Masih untuk kamu yang memiliki resolusi hidup sehat atau memiliki tubuh ideal di 2018, kamu patut mengikuti event yang satu ini. Borobudur Marathon akan menjadi sarana untuk kamu mewujudkan resolusimu sekaligus menikmati keindahan sekitar arena Borobudur. Dengan kelak-kelok peta marathon yang dilalui, kamu dapat merasakan sensasi berolahraga yang tidak biasa. Tidak hanya itu, Borobudur Marathon bukan sekadar ajang lari, melainkan cara untuk mengembangkan jiwa. Acara ini akan digelar pada 18 November 2018 di Kompleks Candi Borobudur, Magelang.

6. Festival Payung Indonesia

Pertunjukan ikonik para maestro bersama seniman muda yang disampaikan melalui medium payung menjadi gelaran yang patut kamu saksikan di tahun ini. Bertemakan “Sepayung Indonesia”, para seniman bereksplorasi membuat beragam karya menarik. Mulai dari pameran lukisan payung, rajut payung kreatif, hingga bazar seni payung dapat dinikmati di sini. Tidak hanya itu, gelaran ini juga dihadiri berbagai delegasi tradisi payung dari beberapa Negara Asia seperti Thailand, Brunei, Malaysia, Cina, hingga Jepang. Informasi lebih lanjut dapat kamu peroleh di www.central-java-tourism.com.

7. Sanur Village Festival

Mengangkat konsep “the new spirit of heritage”, Sanur Village Festival selalu menjadi salah satu gelaran yang dinantikan setiap tahun. Branding dari konsep village yang digunakan menjadi daya tarik tersendiri bagi festival ini. Ada beragam kegiatan yang digelar di sini, meliputi festival makanan, pameran, atraksi sendi budaya, music, kompetisi, dan beragam kegiatan menarik lain. Siapkan dirimu pada 24-28 Agustus 2018 dan rasakan kehangatan budaya dan kearifan lokal Indonesia di Sanur Village Festival.

8. Karnaval Kemerdekaan

Memasuki bulan kemerdekaan, kamu bisa menikmati kemeriahan Karnaval Kemerdekaan yang menampilkan ragam kekayaan budaya visual dan busana nusantara yang semarak. Destinasi gelaran ini tak selalu sama. Parade budaya tahunan ini digelar secara bergilir di kota terpilih di Indonesia setiap tahun. Tahun lalu, Karnaval Kemerdekaan dijadwalkan digelar pada 25 Agustus mendatang. Namun, kamu masih harus bersabar menantikan keputusan destinasi mana yang dipilih untuk menggelar karnaval ini.

9. Grand Karnaval Indonesia

Kamu terbilang beruntung tahun ini. Pasalnya, gelaran karnaval puncak tiga tahunan ini akan kembali digelar 27 Agustus mendatang. Yang menarik, untuk pertama kali gelaran ini akan diselenggarakan di Jakarta bertepatan dengan penyelenggaraan ASIAN Games. Untuk informasi lebih lanjut terkait karnaval puncak yang menghimpun berbagai raga, karnaval di Indonesia ini, kamu bisa memantau website www.jakarta-tourism.go.id.

10. Banyuwangi Ethno Carnival

Dari lokasi sunrise of java, Banyuwangi, kamu dapat menikmati akhir tahun dengan menyaksikan keagungan busana etnik nusantara. Perpaduan ekspresi seni Jawa, Madura, Bali, Padalungan, dan Osing akan mewarnai gelaran ini. Alunan suara dan gerak Gandrung Sewu sebagai ikon Banyuwangi pun akan terdengar di sepanjang jalan di Banyuwangi. Di gelaran ini, kamu dapat melihat parade yang memadukan nilai modern dengan seni budaya lokal. Jika kamu tertarik, informasi lebih jauh dapat kamu peroleh di info@disbudpar.jatimprov.go.id.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top