AMS 2018 Leaderboard
Communication

CEO Tokopedia Beberkan Hasil Kampanye Ramadan Ekstra

Pada 25 Mei lalu, Tokopedia menggelar helatan belanja online Semarak Ramadan Ekstra. Beragam promo hingga diskon sebesar 99% diberikan oleh Tokopedia.

Ramadan Ekstra turut menorehkan sejarah baru bagi Tokopedia. Tepat di puncak Ramadan Ekstra pada 25 Mei lalu, Tokopedia berhasil mencatatkan nilai transaksi setara dengan akumulasi nilai transaksi sepanjang lima tahun pertama (Agustus 2009 – Juni 2014). Dalam 10 menit pertama saja, berhasil mengalahkan angka transaksi sepanjang tahun pertama Tokopedia berdiri (Agustus 2009 –July 2010).

Menurut data Google Analytics, sepanjang Mei 2018, Tokopedia sudah melayani lebih dari 65 juta masyarakat Indonesia yang mengunjungi Tokopedia setidaknya 300 juta kali kunjungan di bulan ini. Jumlah pengunjung ini setara dengan 11 kali populasi Singapura.

Namun, kampanye dari Tokopedia ini bukan tanpa cela. Tidak sedikit konsumen yang mengeluhkan layanan Tokopedia selama tanggal 25 Mei lalu. Salah satu yang paling banyak dikeluhkan adalah masalah server yang membuat beberapa transaksi gagal dan konsumen tidak bisa masuk ke dalam aplikasi Tokopedia.

Dikutip dari CNN Indonesia, Tokopedia sudah melakukan pembayaran kembali atas semua transaksi gagal yang terjadi selama pelaksanaan Ramadan Ekstra Jumat lalu.

CEO sekaligus Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengakui bahwa selama kampanye tersebut beberapa kali situs dan aplikasi Tokopedia mengalami beberapa kendala teknis. William menyebutkan bahwa satu jam sebelum program Semarak Ramadan Ekstra, ia menitipkan pesan kepada para pegawai Tokopedia. Ia mengingatkan bahwa tidak ada persiapan yang cukup untuk menghadapi hal-hal yang belum pernah mereka jalani sebelumnya.

CEO TOKOPEDIA WILLIAM TANUWIJAYA

“Akan banyak hal-hal yang akan berjalan di luar dugaan, kendala teknis, hingga non-teknis. Saat itu terjadi, tetaplah tenang, dan jadilah bagian dari solusi,” kenang William saat itu.

Selama beberapa kendala yang terjadi, William menyaksikan kerja keras yang dilakukan oleh para pegawainya dalam menyelesaikan beragam kendala.

“Dalam momen-momen ketidak-sempurnaan itulah, kami mendapatkan pelajaran dan pengalaman berharga yang menjadi motivasi kami agar di tahun-tahun mendatang, Ramadan Ekstra akan menghadirkan pengalaman yang jauh lebih baik lagi.”

Melihat hasil yang diterima Tokopedia, William optimistis Ramadan Ekstra tahun-tahun mendatang akan menjadi festival tahunan yang dirayakan semuanya, seperti Black Friday di Amerika, Boxing Day di Eropa, Single Day di China, atau Big Billion Day di India.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top