Technology

China Kuasai Pasar Ponsel Pintar Dunia

Photo Credits: 123rf

Pangsa pasar vendor ponsel pintar (smartphone) China menguat di pasar global. Laporan perusahaan riset pasar Canalys menunjukkan, pangsa pasar vendor smartphone China di pasar global mencapai 52%. Sejumlah brand mendominasi, seperti Huawei, Xiaomi, Oppo, dan Vivo.

Pasar smartphone dunia tidak begitu menggembirakan di kuartal ketiga tahun ini. Total pengiriman ke seluruh dunia turun 7% dari 375,9 juta unit di tahun lalu menjadi 348,9 juta unit tahun ini. Hal ini juga terasa di pasar China. Tidak ada peningkatan penjualan smartphone, bahkan 14 dari 20 brand dengan penjualan teratas di dunia turun di kuartal tiga.

“Vendor China kini lebih fokus untuk berekspansi di luar negeri, seperti Asia Selatan, Afrika, Eropa Timur dan Tengah,” ungkap Analis Canalys Mo Jia.

Di kuartal tiga tahun ini, Canalys melaporkan Samsung menguasai pasar smartphone dunia dengan total pengiriman mencapai 71,3 juta unit (20,4%). Huawei berada di posisi berikutnya dengan pengiriman mencapai 51,9 juta unit (14,9%), disusul Apple dengan 46,9 juta unit (13,4%).

Deretan brand China lain menyusul, seperti Xiaomi di posisi ke-empat dengan pengiriman 33,4 juta unit (9,6%), Oppo sebanyak 31,0 juta unit (8,9%), diikuti brand lain yang secara kumulatif berkontribusi 114,3 juta unit atau setara dengan 32,8% pangsa pasar.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

MARKETEERS X

Most Popular








To Top