Government & Public Services

Citra Positif Jadi Makna Utama Logo Baru Humas Sulawesi Selatan

Di era ini, peran Humas sebagai penghubung organisasi dan masyarat dihadapkan pada Big Data dan Perilaku Publik yang sangat cepat dan reaktif. Dalam melaksanakan tugasnya, humas diwajibkan untuk bersikap efisien dan efektif dalam menggunakan teknologi. Hal ini dimaksudkan agar humas dapat ikut serta dalam menyebarkan citra positif yang lebih masif.

Citra positif tidak hanya dibutuhkan oleh organisasi korporat, tapi juga pemerintah daerah. Hal ini didorong dengan keinginan pemerintah daerah untuk melayani masyarakat secara efektif dan efisien, dan berjalan berkesinambungan dengan teknologi informasi yang sedang berkembang.

Dengan dasar pemikiran seperti inilah Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan meluncuran logo baru sebagai bentuk re-branding Humas Sulawesi Selatan. Logo baru ini dinilai lebih segar dan memiliki kesan yang positif dan menumbuhkan rasa kepercayaan dengan merah sebagai warna utama.

“Ini menjadi tahapan sejarah bagi Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel. Sejak ada humas, logo yang digunakan adalah logo pemerintah provinsi yang hanya diganti dibawahnya. Dan ini berlaku di semua OPD lingkup Pemprov Sulsel,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, Devo Khaddafi di acara New Branding Humas Sulawesi Selatan di Mall Nipah, Makassar, Jumat, (1/2/2019).

 


Logi baru yang berbentuk huruf H dan warna merah sebagai warna utama memiliki makna yang sangat dalam. Dalam identitas baru ini, terkandung makna kepercayaan, branding, Indonesia 4.0, informasi, mediamorfosis, keterbukaan informasi dan edukasi publik. Di belakang logo, terdapat latar belakang huruf lontara khas Sulawesi Selatan.

Devo juga mengatakan bahwa logo ini juga berarti mengandung unsur kepercayaan dan melawan hoaks. Makna lain dari logo ini juga sekaligus memperlihatkan Sulawesi Selatan yang siap menyambut industri 4.0. Serta, semakin menghubungkan dan memperlihatkan ikatan kerjasama dan kepercayaan antara pemerintah, masyarakatm dan media.

Ditambahkan oleh Devo, pembuatan logo baru Humas Sulawesi Selatan ini melibatkan anak muda atau kaum milenial. Hal inilah yang membuat proses pemikiran atas dasar logo ini menjadi semakin menantang.
Ini, apa yang kita buat lebih segar dan pasti membuat citra Sulsel semakin dikenal dan menjadi tren positif di Indonesia,” lanjut Devo.

Logo baru Humas Sulawesi Selatan ini akan digunakan pada berbagai platform media sosial, laman web, dan produk Kehumasan dan Protokol Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top