Mshop-leaderboard-mobile
Finance

Dengan Pameran Foto, Bank DBS Bangun Community Engagement

Bank DBS
Homecoming Photo Exhibition Bank DBS

Dalam rangka menjalin engagement bersama komunitas, PT Bank DBS Indonesia (Bank DBS Indonesia) menggelar Homecoming Photo Exhibition di Qubicle Center, Jakarta Selatan. Bertajuk “A Journey to Live Kind”, acara ini merupakan pameran foto dari balik lensa perjalanan para pemenang #LiveMore Society Photo Challenge.

Para pemenang ini menyuguhkan karya fotografi yang menelisik kisah para wirausaha sosial dalam meningkatkan kehidupan ekonomi-sosial masyarakat setempat melalui program pemberdayaan usaha rintisan sosial mereka.

“Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang sangat kreatif, oleh karena itu, peran para wirausahawan sosial ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan potensi yang ada agar lebih bermanfaat, khususnya dari segi ekonomi dan pemasaran produk mereka,” jelas Direktur Strategi dan Perencanaan Bank DBS Indonesia Rudy Tandjung.

Program ini berawal sejak Bank DBS merangkul komunitas pecinta fotografi dan mengadakan kontes tersebut. Para pemenang kontes foto ini pun selanjutnya diajak untuk mengunjungi tiga daerah, Mamasa-Sulawesi Barat, Watublapi-Flores, dan Malang – Jawa Timur untuk tidak sekadar menikmati keindahan alam tetapi mendapat pengalaman terjun langsung menjadi relawan di beragam usaha sosial masing masing daerah tersebut.

Salah satunya adalah pengalaman menenun yang diajarkan oleh para Kelompok Tenun Watubo dari Desa Watublapi, Flores. Kelompok ini adalah usaha sosial yang dirintis oleh NOESA, sebuah wirausaha sosial yang tergerak untuk memberdayaan masyarakat setempat melalui kelompok tenun yang mampu meningkatkan perekonomian daerah setempat. Kemudian, perjalanan ini pun diabadikan dalam bentuk karya fotografi.

Karya fotografi lainnya yang dipamerkan menceritakan tentang Toraja Melo, pemberdayaan ibu-ibu penenun di Desa Pebassian dan Desa Balla, Mamasa, Sulawesi Selatan. Kisah lainnya yang inspiratif adalah karya fotografi yang mengulas Sahawood, bagaimana mantan narapidana dan pecandu narkoba di Malang, Jawa Timur menjalani kehidupan barunya yang jauh lebih baik melalui pemberdayaan untuk membuat kacamata berbingkai kayu.

Ajang ini juga merupakan salah satu inisiatif DBS Live More Society dalam rangka memberikan wadah interaksi sosial bagi berbagai komunitas dalam menggali semangat hidup sesuai minat mereka serta saling menginspirasi satu sama lain. Selain komunitas fotografi, ke depannya DBS Indonesia akan terus melebarkan semangat #LiveMore ini dengan mengajak lebih banyak lagi kalangan dan komunitas lainnya.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top