Career

Deretan Negara Ini Bebas Biaya Studi

Photo Credits: sweetyhigh.com

Study abroad dapat membuka pintu pengalaman baru. Tak jarang, mungkin banyak dari kamu yang berkeinginan mengenyam pendidikan di negeri lain. Tak perlu khawatir soal biaya, deretan negara ini bebaskan warga negara asing dari biaya kuliah. Di mana saja? Check this out!

Jerman

Sistem pendidikan yang maju diimbangi dengan lingkungan negara yang kondusif membuat Jerman menjadi destinasi pendidikan favorit para pelajar. Pemerintah Jerman sendiri telah membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional secara konsisten di berbagai universitas negeri. Ketika belajar di negara ini, kamu hanya perlu mengurus biaya hidup tanpa terbebani biaya pendidikan. Namun, tidak semua universitas di Jerman berbahasa inggris, untuk itu para pelajar perlu memiliki kemampuan berbahasa Jerman. Jerman meyakini pendidikan adalah hak bagi setiap manusia, untuk itu siapapun berhak mengenyam pendidikan tinggi.

Norwegia

Universitas negeri di Norwegia membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional. Para pelajar hanya perlu merogoh kocek untuk biaya organisasi universitas. Meski hanya universitas negeri yang membebaskan biaya kuliah, universitas swasta di Norwegia terhitung lebih murah dibandingkan negara lain. Paling tidak, mahasiswa harus merogoh kocek dalam hanya untuk biaya hidup.

Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Jika kamu menginginkan study aboard, Finlandia patut kamu perhitungkan. Pasalnya, sistem pendidikan terbaik di negara ini dapat kamu nikmati secara gratis. Jangan khawatir perihal kualitas guru karena Finlandia memilih guru-guru terbaik dari berbagai instansi terkemuka. Yang menarik, di negara ini nilai bukanlah tolak ukur kecerdasan seseorang. Mereka memiliki berbagai sistem pendidikan yang inovatif dibandingkan negara lain. Meski demikian, para mahasiswa internasional harus menanggung biaya hidup secara mandiri.

Swedia

Swedia menyediakan pendidikan gratis bagi warga lokal maupun para pelajar internasional. Baik S1, S2, hingga S3 secara keseluruhan tak dipungut biaya. Fasilitas pendidikan di negara ini pun tak kalah lengkap. Untuk belajar di sini, kamu tak harus menguasai bahasa Swedia karena ada berbagai macam program studi berbahasa inggris, terutama untuk jenjang S3.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top