SMEMBA 2018 Leaderboard
Government & Public Services

Di Balik Cerita Jajaran Direksi BPJS yang Jadi Frontliner

Dokumentasi BPJS Kesehatan cabang Jakarta Selatan

Beberapa hari lalu, media nasional diramaikan mengenai pemberitaan jajaran direksi dari BPJS Kesehatan yang berperan sebagai frontliner. Seperti yang diperlihatkan oleh Deputi Direksi Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) BPJS Kesehatan Ni Made Ayu Sri Ratna Sudewi yang terlihat cekatan melayani beberapa warga di loket kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan. Ada apa gerangan?

“Berada di posisi frontliner memiliki banyak tantangan. Mereka harus sabar dan cekatan dalam melayani masyarakat. Hal itu semata-mata untuk kepuasan masyarakat. Tapi, berinteraksi langsung dengan peserta JKN/KIS menjadikan kesan tersendiri bagi kami,” ujar Ratna di laporan resminya ke Marketeers.

Dalam laporannya, ternyata BPJS Kesehatan tengah menggelar program Eksekutif Frontliner. Bersama jajaran direksi lainnya, Ratna menggantikan sementara tugas frontliner BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan langsung kepada peserta JKN-KIS maupun masyarakat umum yang mendatangi Kantor Cabang BPJS Kesehatan, khususnya di loket fast track (pelayanan cepat).

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan HUT ke-50 BPJS Kesehatan. “Di sini, kami juga ingin memastikan peserta JKN-KIS mendapat pelayanan langsung yang seragam di seluruh cabang di Indonesia,” tambah Ratna.

Menurutnya, kegiatan ini menjadi evaluasi bagi tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang selama ini diberikan. Selain bertugas menjadi frontliner, Ratna juga memantau berbagai pelayanan di kantor BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Selatan. Termasuk di stan layanan JKN Mobile, yang saat ini sedang digalakkan.

“Kunci pertama menjadi frontliner adalah semangat melayani. Kami berharap para Duta BPJS Kesehatan makin terpacu untuk memaksimalkan layanan. Kualitas layanan tidak boleh stagnan karena ekspektasi peserta akan terus meningkat,” tutup Ratna.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top