Consumer Goods

Di Balik Kampanye #FearlessGlow Sariayu Martha Tilaar

Photo Credits: Instagram/ Sariayu Martha Tilaar

Setiap merek memiliki cara tersendiri untuk merepresentasikan merek mereka. Materi kampanye menjadi salah satu jalan untuk menunjukkan hal ini. Sariayu Martha Tilaar misalnya, melalui kampanye #FearlessGlow, brand ini mencoba membawa pesan yang ingin disampaikan kepada target pasar mereka. Lantas, apa makna di balik kampanye ini dan seperti apa bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan?

Fenomena kebanyakan perempuan yang menilai kecantikan dari luar menjadi pendorong utama kehadiran kampanye ini. Melalui kampanye #FearlesstoGlow ini, Sariayu Martha Tilaar menyerukan, perempuan Indonesia berhak untuk selalu bersinar dan mencintai diri sendiri tanpa harus mengikuti standar kecantikan menurut orang lain.

“Kami ingin membawa semangat baru untuk mencintai diri sendiri melalui gerakan Sariayu #FearlessBeauty dengan salah satu kategorinya #FearlessGlow,” ungkap representatif Sariayu kepada Marketeers di Jakarta, Rabu (31/07/2019).

Menggandeng Psikolog Klinis Dewasa Inez Kristianti, Sariayu Martha Tilaar memberikan edukasi kepada target pasar mereka melalui media sosial. Inez memberikan edukasi seputar kecantikan hingga seksualitas kepada para remaja hingga dewasa dengan cara yang mudah dipahami.

“Seksualitas merupakan bagian dari diri kita, sehingga kalau dipahami secara benar akan menjadi hal yang positif untuk semua. Kita tidak perlu malu untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan bagian tubuh kita, karena dengan begitu kita akan tahu bagaimana cara yang benar untuk menjaga diri sendiri. Dengan berusaha memahami tubuh kita secara lebih dalam, nantinya kita akan bisa mencintai diri sendiri,” ujar Inez.

Selain itu, Inez turut berbagi cerita mengenai pengalaman pribadinya soal definisi kecantikan. “Cantik itu bukan dari bagaimana orang melihat kita, tetapi dari bagaimana kita melihat diri kita sendiri, karena percayalah, tidak ada pujian yang cukup untuk membuat kita merasa cantik dan cukup, kalau dari dalam diri kita juga kita tidak mencintai diri kita sendiri,” lanjut Inez.

Melihat spirit tersebut,  Sariayu Martha Tilaar memilih Inez Kristianti  sebagai ikon untuk kategori #FearlesstoGlow. Inez diharapkan bisa memberikan inspirasi dan juga turut mendorong para perempuan Indonesia lain agar tampil bersinar secara maksimal serta mencintai diri sendiri.

Tingkatkan engagement dengan cara interaktif

Kampanye ini juga diikuti dengan aktivitas interaktif guna meningkatkan engagement dengan target pasar. Sariayu Martha Tilaar menyerukan perempuan Indonesia agar berani tampil bersinar dan maksimal dengan membagikan cerita Fearless to Glow ala mereka.

Seruan ini dikemas dalam bentuk kompetisi. Untuk dapat mengikuti kompetisi ini, para peserta diharuskan mengunggah foto diri mereka dengan produk Sariayu (Lima Serangkai, Putih Langsat, Acne Series, Natural Glow, dan rangkaian Body Care). Kemudian, peserta diminta untuk menceritakan hal paling membanggakan dalam diri mereka, termasuk alasan mengapa mereka layak disebut #FearlessToGlow di dalam keterangan foto (caption).

Sariayu Martha Tilaar juga mengharuskan para peserta untuk mengikuti akun (follow), mention, dan tag media sosial @sariayu_mt. Para peserta juga diwajibkan untuk menggunakan hashtag #FearlessToGlow dan #Fearlessbeauty untuk meramaikan kampanye ini. Tak hanya itu, guna memasarkan lebih jauh kampanye ini, para peserta diharuskan untuk mention dua orang teman dan mengajak mereka mengikuti aktivitas #FearlessToGlow competition ini.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top