Markas Kaskus Leaderboard
Automotive

Di Dua Segmen Ini, Honda Mobil Jadi Pemimpin Pasar

Menjelang akhir tahun, penjualan mobil nasional menunjukkan tren positif. Sejak tiga bulan terakhir terus terjadi peningkatan penjualan. Secara berurutan dari September-November penjualan mobil naik mulai dari  87.696 unit,  94.433 unit, dan 96.191 unit.

Sudah pasti perebutan posisi pemimpin pasar nasional terjadi. Namun, lebih menarik mengetahui pemimpin pasar di tiap segmen.  Di pasar low sport utility vehicle (LSUV) Tanah Air, Honda mobil terus mempertahankan dominasi. Total, Honda menguasai total 58% pangsa pasar yang disumbangkan oleh penjualan dua produk andalannya di kelas ini, yakni Honda HR-V 1.5L dan Honda BR-V.

Honda HR-V 1.5L menjadi market leader dengan pangsa pasar 36% setelah meraih penjualan sebanyak 31.092 unit di sepanjang tahun ini. Sementara Honda BR-V menyumbangkan pangsa pasar 22% setelah membukukan penjualan 19.011 unit di tahun 2017.

Selain di segmen LSUV, Honda juga merajai pasar hatchback. Honda Jazz mempertahankan posisinya sebagai market leader dengan penjualan tahunan 15.073 unit. Dengan angka penjualan ini Honda Jazz menguasai pangsa pasar 48%.

“Kontribusi segmen SUV dan LSUV terhadap market otomotif tahun ini masih sangat signifikan, dan kami bersyukur bahwa produk-produk Honda terus menjadi pilihan konsumen di segmen ini. Kami akan terus mendorong penjualan di bulan terakhir di tahun ini dengan dukungan berbagai program penjualan dan purna jual yang akan meringankan konsumen untuk memiliki mobil Honda,” kata Jonfis Fandy, Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor.

Sementara itu, produk yang menyumbang penjualan tertinggi untuk Honda tahun ini datang dari Honda Brio Satya yang mencatat penjualan 39.401 unit dengan pangsa pasar 18% di kelas LCGC. Selanjutnya, Honda CR-V terjual sebanyak 13.893 unit di tahun 2017, dengan pangsa pasar 21% di kelas SUV. Sepanjang tahun 2017, Honda Mobilio terjual 33.366 unit dengan pangsa pasar sebesar 14% di kelas LMPV.

Secara keseluruhan sejak bulan Januari hingga November 2017, Honda telah membukukan penjualan sebanyak 171.574 unit, Menguasai pangsa pasar 17% dari total penjualan mobil di negara ini.

MARKETEERS X

Most Popular

HOMEDEC Ads
IIMS 2018 Ads







To Top