Resource & Energy

Di Tengah Isu Global, Pemain Industri Plastik Justru Gelar Pameran

Photo Credits: 123rf

Lebih dari 470 perusahaan dengan lebih dari 13 ribu pembeli dan profesional diprediksi akan memadati Plastics & Rubber Indonesia 2018. Pameran bagi industri pengolahan plastik dan karet berskala global di Indonesia ini siap digelar pada 14-17 November 2018 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Di satu sisi, dunia kini tengah gencar menyuarakan isu global sustainability, antara lain dengan upaya pencegahan melalui pengurangan penggunaan plastik. Lantas, seperti apa pendapat para pemain terkait?

Peserta pameran berasal lebih dari 20 negara, termasuk Cina, Indonesia, Taiwan, Italia, Jepang, Singapura, dan Jerman.

“Melalui pameran ini, kami akan membawa ratusan profesional di industri plastik dan karet, mulai dari proses pengolahan, pembuatan bahan baku, hingga pengemasan minuman. Ratusan buyers dan supplier yang hadir akan mendapatkan banyak pilihan teknologi untuk memenangkan kompetisi bisnis, khususnya di pasar global,” ujar Wiwiek Roberto, Project Director Pamerindo Indonesia, selaku penyelenggara pameran di Jakarta, Senin (05/11/2018).

Menanggapi isu global sustainability, Direktur Eksekutif IPF Henki Wibawa mengatakan hal ini memang tak bisa dipungkiri.

“Isu global sustainability saat ini telah menjadi perhatian yang sangat penting. Karenanya, kita perlu kreatif melahirkan inovasi kemasan baru, dengan berpedoman pada 4R (reduce, reuse, recycle, recover). Selain itu, penting juga untuk terus meningkatkan produktivitas mesin lewat otomatisasi, mengingat saat ini kita menyasar pada generasi baru yang selalu update dengan teknologi terkini,” komentar Henki.

Sayangnya, teknologi daur ulang di Indonesia saat ini masih cukup tertinggal. “Penting untuk kita terus mengupayakan kemajuan bersama, khususnya bagi pendaur ulang dan para pemilik bisnis. Hasilnya, bukan saja menghindarkan pencemaran lingkungan dari plastik, tetapi juga membuka peluang usaha baru bagi penyedia layanan teknologi informasi,” ungkap Ahmad Nuzuludding, Business Development Director IPR.

Berlangsung selama empat hari, pameran ini merangkum berbagai teknologi utama dari mesin pengolahan, pra-pengolahan, dan pengemasan, serta inovasi terkini di industri plastik dan karet, yang mencakup proses daur ulang juga moulding.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top