Automotive

Dukung Pendidikan, Astra Otoparts Buka Teaching Factory

Sebagai bentuk kepedulian pada dunia pendidikan, Shop&Drive, bisnis ritel modern otomotif milik Astra Otoparts, membuka Teaching Factory (TEFA) di SMK PGRI 20 Jakarta. TEFA merupakan metode pembelajaran yang beriorientasi kepada proses produksi dan bisnis yang mana penguasaan keahlian atau keterampilan peserta didik dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar yang sesungguhnya.

Pada TEFA, yang merupakan bengkel Binaan Astra Otoparts: Shop&Drive – Shop&Bike ini, tidak hanya dilaksanakan kegiatan layanan jasa penggantian produk seperti aki, oli, shock absorber, serta ban yang menjadi bagian dari pembelajaran.  Akan tetapi peserta didik juga dilatih sesuai standar Shop&Drive dan Shop&Bike serta dilibatkan dalam melayani konsumen. Dengan mengintegrasikan beberapa proses pembelajaran tersebut, diharapkan dapat menghasilkan keahlian atau keterampilan yang layak dipasarkan dan menambah nilai tambah bagi sekolah.

“Kami harap dengan ikut berpartisipasinya Shop&Drive dalam TEFA  di SMK PGRI 20 Jakarta dapat membantu SMK PGRI 20 Jakarta dalam mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja yang profesional, meningkatkan minat dan kompetensi para siswa, serta bermanfaat untuk masyarakat sekitar,” ujar Indra Nugraha, Retail Division Head Astra Otoparts.

Hadirnya TEFA juga dapat menyadarkan siswa bahwa dalam penguasaan keterampilan siswa tidak hanya mempraktikkan soft skill dalam pembelajaran, bekerja dalam tim, dan melatih kemampuan komunikasi interpersonal, tetapi juga merealisasikan pengetahuan secara langsung dan latihan bekerja untuk memasuki dunia kerja secara nyata.

TEFA juga menjadi sumber transfer teknologi dan informasi terutama pada aktivitas peserta didik dan guru saat pembelajaran. Selain itu, menumbuhkan kreativitas siswa dan memperluas kesempatan rekruitmen bagi lulusan. Tak kalah penting adalah membantu siswa dalam mempersiapkan diri menjadi tenaga kerja yang terampil.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top