Mshop-leaderboard-mobile
Industry

Dukung Pengembangan KIK, Pelindo III Bangun Pelabuhan di Kendal

Dukung Pengembangan KIK, Pelindo III Bangun Pelabuhan di Kendal Pelindo-III_Pelabuhan-Kendal_1

Jawa Tengah menjadi daerah yang semakin diminati investor. Industri manufakatur terus berkembang di wilayah ini. Mengingat banyak pabrikan yang membangun fasilitas produksinya di sini seiiring kenaikan UMR di wilayah Jabodetabek.

Dengan perkembangan tersebut di atas, tentunya kelancaran logistik haruslah terpenuhi. Untuk mendukung arus logistik tersebut, Pelindo III menyiapkan konsep pengembangan Pelabuhan Kendal, untuk mendukung arus logistik barang di Provinsi Jawa Tengah. Keseriusan BUMN kepelabuhanan tersebut tertuang dalam kesepakatan bersama yang ditandatangani CEO Pelindo III Ari Askhara dan Bupati Kendal Mirna Annisa, di Kendal, beberapa waktu lalu.

“Dengan bersinergi bersama BUMN Pelindo III yang memiliki kemampuan baik bisnis, teknis, dan modal, Pemkab Kendal dapat mengembangkan aset kabupaten dengan lebih efisien. Sehingga, dapat meningkatkan manfaat ekonomi, tidak hanya untuk warga Kendal, tetapi juga pemangku kepentingan logistik di hinterland Pelabuhan Kendal, yakni industri Jawa Tengah (Jateng) dan sekitarnya,” kata CEO Pelindo III Ari Askhara dalam siaran persnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa ruang lingkup dari kerja sama tersebut meliputi pembangunan, pengoperasian, investasi, pendanaan, dan penyertaan modal untuk Pelabuhan Kendal. Pelaksanaan proses awal pengerjaan proyek juga akan lebih efektif, karena tahap studi kelayakan, pengurusan, dan pemrosesan perizinan akan dikerjakan bersama oleh Pelindo III dan Pemkab Kendal.

“Kesepakatan bersama ini tidak terbatas hanya pada proyek fisik. Tetapi juga sisi pengembangan SDM (sumber daya manusia), yaitu program peningkatan kapasitas pegawai berupa pelatihan, pertukaran pegawai, dan bantuan teknis, serta berbagai kemungkinan kerja sama lain yang dibutuhkan,” tambah Ari Askhara.

Ia menambahkan bahwa Pelabuhan Kendal akan menjadi fitur yang menarik bagi investor untuk berinvestasi di Kawasan Industri Kendal (KIK) yang sedang dibangun oleh pemerintah. Karena adanya fasilitas pelabuhan yang terintegrasi dalam suatu kawasan industri dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari distribusi barang produksi.

Saat ini, Pelindo III mengelola sejumlah pelabuhan penting di Jateng, seperti Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, termasuk Terminal Peti Kemas Semarang yang menjadi gerbang ekspor-impor utama di Jateng. Kemudian untuk pesisir selatan ada Pelabuhan Tanjung Intan di Cilacap yang melayani banyak bongkar muat curah.

“Layanan pelabuhan yang prima pada pelabuhan-pelabuhan yang dikelola Pelindo III akan meningkatkan daya dukung logistik bagi industri di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini menjadi faktor penting yang mendukung akselerasi penyebaran dan pemerataan industri dan ekonomi nasional yang diupayakan pemerintah,” pungkasnya.

Most Popular








To Top