Technology

Dukung Startup, Google Gelar Launchpad Pertama di Jakarta

Pernahkah Anda mengikuti seminar UKM bertajuk Gapura yang digelar oleh Google. Program tersebut adalah bentuk perhatian Google terhadap perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Indonesia. Kali  ini, perhatian kepada Indonesia datang dari Google Singapura.

Bertajuk Launchpad Week, Google membuat sebuah program inkubasi untuk para startup di Indonesia, khususnya di bidang teknologi. Selama lima hari, terdapat 13 startup pilihan yang menjalani masa inkubasi. Seperti apa?

“Ini merupakan program pertama yang kami buat di ASEAN dan yang kedua setelah India di Indonesia. Beberapa negara yang sudah mendapatkan kesempatan terbatas ini adalah Jerman, Spanyol, Brazil, Perancis, Meksiko, India, Israel,” jelas Erica Hanson, Developer Relations Program Manager Google saat membuka acara penjurian di Art:1 Kemayoran, Jakarta, Jumat (13/11/2015).

Pada program ini startup yang terpilih hadir dari Jakarta, Jogja, dan Surabaya. Di sini, para peserta diberikan one on one interview oleh berbagai mentor yang ahli di bidangnya. Mentoring tersebut melingkupi berbagai aspek, mulai dari produk, user experience (UX), teknologi, marketing, dan pitch training. Di dalam memilih mentor pun Google sangat memerhatikan kapabilitasnya. Akhirnya, terpilih 41 mentor dari Indonesia, Malaysia, Australia, Singapura, India, Inggris.

“Melalui program ini, kami ingin mengembangkan ekosistem developer di Indonesia. Di Indonesia, banyak startup yang punya model bisnis yang bagus untuk mengembangkan bisnis mereka tetapi juga memiliki dampak sosial yang baik,” jelas Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia.

Google Launchpad Week merupakan bagian dari program global Startup Launchpad yang menyediakan berbagai bekal untuk para startup mencapai kesuksesan. 13 startup terpilih tersebut adalah Obralindo, Paket ID, Lunasin, GoArchipelago, Elitics Technologies, LabConX, Qiimee, Veryfund, Rekreasy, Joobelee, GetVet, Rumah Bengkel, dan Asuransi88.

Pada hari terakhir workshop ini, para startup melakukan pitching di depan beberapa juri yang merupakan ahli di bidangnya, yaitu Veronica Utami (Head of Marketing Google Indonesia), Eunice Sari (UX/UI Expert UXINDO.com), Yansen Kamto (CEO Kibar), dan Sanny Gaddafi (Co-Founder 8villages.com).

Ke depannya, Google akan membuka pintu kantor mereka di Jakarta bagi para startup tersebut yang ingin melakukan mentoring. Apakah Anda tertarik untuk bergabung? 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top