Mshop-leaderboard-mobile
Government & Public Services

Empat Hal yang Membanggakan dari ASEAN

Empat  Hal yang Membanggakan dari ASEAN ASEAN

Sebagai sebuah komunitas negara-negara di Asia Tenggara, ASEAN saat ini menjadi sorotan dunia sebagai kekuatan yang pantas diperhitungkan. Bukan sekadar kekuatan ekonomi, tetapi juga kekuatan relasi antarnegara anggota ASEAN yang didirikan pada  8 Agustus 1967.

Dalam perbincangan bersama Hermawan Kartajaya, Founder dan Chairman MarkPlus, Inc. sehari sebelum digelarnya ASEAN Marketing Summit 2017 (AMS 2017), mengatakan ada beberapa alasan mengapa ASEAN memiliki daya tarik tersendiri dibanding dengan komunitas-komunitas antarnegara di belahan bumi lainnya.

“Pertama yang menarik dari ASEAN adalah ASEAN menjadi kawasan yang besar dan senantiasa bertumbuh, khususnya dari sisi ekonomi,” ujar Hermawan yang juga salah satu dari tiga pendiri Philip Kotler Center for ASEAN Marketing sebagai penyelenggara AMS 2017 di samping Philip Kotler dan Prof. Hooi Den Huan.

Alasan kedua, sambung Hermawan, ASEAN merupakan kawasan yang terkenal solid dan damai. Selama 50 tahun berdiri, kawasan ASEAN tidak bergejolak peran antarnegara. Tidak ada konflik yang membuat kawasan ASEAN ini luluh lantak lantaran perang. Andai pun ada gejolak biasanya terjadi di dalam negeri masing-masing negara ASEAN. “Ini poin penting yang mana ASEAN itu merupakan peaceful region,” imbuh Hermawan.

Selain itu, Hermawan menambahkan, kawasan ASEAN itu membanggakan karena mampu memelihara persatuan dalam kebhinnekaan. Masing-masing negara memiliki keunikan dan budayanya masing-masing, tetapi seluruh negara ASEAN mampu hidup berdampingan secara damai dan selalu bekerjasama satu sama lain dalam komunitas ASEAN. “Unity in diversity, itulah ASEAN!” tandas Hermawan.

Terakhir, Hermawan mengatakan ASEAN merupakan kawasan yang menjadi hub for plus. Artinya, kawasan ASEAN saat ini telah menjadi konektor dengan negara-negara lain, baik negara di sekitar kawasan ASEAN atau bahkan di luar kawasan. Sebut saja ASEAN plus Three yang mana ASEAN menjadi hub dengan China, Jepang, dan Korea. Ada lagi ASEAN plus Six dengan menggandeng India, Australia, dan Selandia Baru. Ada juga ASEAN plus Eight dengan mengganeng India, Amerika Serikat, Korea Selatan, Rusia, China, Australia, Jepang, dan Selandia Baru.

“Kekuatan ASEAN ini yang akan saya sampaikan dalam opening speech AMS 2017 besok,” kata Hermawan. ASEAN Marketing Summit 2017 akan digelar pada 7 September 2017 di Raffles Hotel Jakarta.

Most Popular








To Top