Lifestyle

Empat Investasi Kesehatan yang Sering Dilupakan Milenial

Sonia Wibisono berbagi empat kunci investasi kesehatan di JMW 2019

Kesehatan adalah segalanya. Memiliki tubuh yang sehat pun menjadi dambaan semua orang di tengah kesibukannya. Namun, tidak jarang orang yang lalai dan mengesampingkan kesehatannya.

Padahal, kesehatan adalah investasi yang sangat berharga. Menjaganya pun sebetulnya relatif murah, namun menebusnya ketika sudah sakit bisa menjadi sangat mahal. Untuk itu, investasikanlah kesehatan kamu selagi bisa. Apa saja yang perlu dilakukan? Berikut empat kuncinya.

Makan
Untuk makanan, kamu bisa menjaga pola makanan empat sehat lima sempurna. Ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan di sini. Pertama soal asupan karbohidrat. Sebaiknya, tubuh kamu mendapatkan asupan karbohidrat padat ketimbang yang sederhana -yang datang dari nasi putih. Nutrisi ini bisa didapat dari gandung, spaghetti, dan lainnya.

Lalu protein. “Untuk protein, sumber yang paling bagus datang dari ikan. Salah satunya ikan teri. Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan daging merah dan kulit ayam,” ujar Dr. Sonia Wibisono, Selebriti Dokter di panggung Jakarta Marketing Week 2019, Minggu (28/4/2019)

Ketiga adalah lemak. Untuk asupan ini, kamu bisa memilih lemak dari tumbuhan atau nabati yang bersumber dari kacang-kacangan atau alpukat. Sonia juga menyarankan agar kamu mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak-banyaknya. Pasalnya, buah dan sayur adalah sumber antioksidan yang dapat menghindari tubuh kamu dari berbagai racun, termasuk kanker.

Tidur
Meski terbilang aktivitas yang enak, namun tidak sedikit milenial yang melupakan jam tidurnya lantaran sibuk bekerja hingga larut malam. Sonia pun menganjurkan agar para milenial memenuhi kebutuhan tidurnya selama enam sampai delapan jam.

“Selain itu, pastikan kamu tidur tidak larut malam atau kamu akan terlewatkan proses regenerasi sel dalam tubuh,” ujarnya.

Satu lagi, jika kamu atau pasanganmu mendengkur, coba untuk pindahkan posisi tidur. Mendengkur biasanya disebabkan karena ada penyempitan saluran nafas. Jika sudah parah, kamu bisa konsultasikan ke dokter.

Lalu bagaimana jika susah tidur? “Kamu bisa minum susu hangat, berpijat, mandi air hangat, atau minum kalsium. Namun, jika minum kalsium, pastikan kamu juga minum air putih yang banyak,” jelas Sonia.

Olahraga
Olahraga ini penting. Minimal, kamu bisa membiasakan untuk olahraga selama 30 menit sehari. Jika tidak sempat, kamu bisa alihkan dengan berbagai aktivitas. Seperti jalan di tangga, berjalan berkeliling kantor, atau melakukan peregangan di sela-sela pekerjaan kamu.

Pelampiasan stres
Mungkin, tips keempat ini akan kamu sukai. Ya, selain sehat fisik, kesehatanmu juga harus dijaga kesehatannya karena keduanya bekerja bersamaan.

“Sebetulnya stree pun harus ada dalam diri untuk memacu kita tumbuh lebih baik. Dengan semangat berkompetisi misalnya. Namun tidak baik jika berlebihan. Efeknya, kamu bisa mengalami susah tidur, sakit maag, atau migrain. Lalu caranya bagaimana? Kerjakan saja apa hobi kamu untuk melepas stress tersebut,” tutup Sonia.

MARKETEERS X








To Top