jet-express-leaderboard-mobile
Career

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori brain-health-illo
Photo Credits: Pinterest

Sebagian dari Kamu mungkin kerap mengalami tragedi “lupa” dalam melakukan aktivitas. Padahal, kemampuan mengingat yang lemah dapat berdampak pada produktivitas kita lho, apalagi kalau hal itu menyangkut profesionalitas pendidikan atau pekerjaan. Tapi, jangan menyerah dulu. Ada empat langkah mudah yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kecerdasan memorimu. Apa saja?

Bermain Flash Card

Flash Card merupakan salah satu cara yang dapat kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan memorimu. Kamu dapat membuat flash card sendiri dengan cara mengumpulkan sejumlah potongan kertas atau kartu yang diisi dengan berbagai isi materi pelajaran yang bisa kamu tulis sesuai keinginanmu. Business Insider memuat sebuah artikel yang menyatakan, psikolog menemukan ketika seseorang secara rutin berlatih dengan metode ini, orang itu akan terlatih mengingat sesuatu.

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori flash-cards

Photo Credits: darlingrachel

Jika kamu ingin memperdalam kemampuan bahasa asingmu, ini bisa jadi pilihan yang tepat. Selain bisa meningkatkan kecerdasan memori, kamu pun bisa menambah kosa kata bahasa asing.

Hubungkan Hal Baru dengan Apa yang Kamu Tahu

Ketika kamu memperoleh sebuah informasi, gagasan, atau hal-hal baru, cobalah untuk menghubungkan hal itu dengan apa yang telah kamu tahu. Contohnya, jika kamu berada di kelas fisika dan mencoba memahami perpindahan panas, cobalah untuk mengingat konsep itu dengan pengalaman kehidupan nyata kamu. Coba bayangkan bagaimana secangkir kopi hangat tersiram ke tangan kamu.

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori seven-laws-of-sales-physics-cover-image

Photo Credits: blog.kissmetrics.com

“Semakin kamu bisa menjelaskan bagaimana hal baru terkait dengan pengetahuan sebelumnya, maka akan semakin kuat pemahaman kamu akan pembelajaran baru. Tak hanya itu, akan semakin banyak koneksi baru yang kamu ciptakan untuk membantu kamu mengingat hal itu nanti,” demikian satu kutipan dari Business Insider.

Jangan Lupakan Sarapan dan Air Mineral

Jangan menganggap remeh persoalan sarapan. Pasalnya, penelitian yang baru-baru ini dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB) terhadap siswa/i sekolah dasar menemukan, siswa yang sarapan sebelum belajar memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak sarapan meski skor IQ mereka terhitung sama atau lebih rendah.

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori breakfast

Photo Credits: cdn-cyclingtips.pressidium.com

Selain itu, jangan lupakan konsumsi air putih yang cukup setiap hari karena ini penting untuk menjaga asupan oksigen ke otak kamu.

Jadi, pilihlah menu sarapan yang sehat dan konsumsi asupan air mineral yang cukup untuk menunjang aktivitasmu sepanjang hari. Tubuh yang sehat akan memberikan dampak positif bagi kemampuan berpikir dan mengingat otakmu.

Pilih Games dan Hobi yang Kamu Suka

Empat Langkah Mudah Tingkatkan Kecerdasan Memori Dumb-ways-to-die

Photo Credits: Dumb Ways to Die

Ada sejumlah games dan aktivitas yang dapat kamu pilih sebagai hobi untuk menunjang kemampuan otakmu. Menggambar dan menulis adalah kegiatan yang dapat kamu pilih. Selain itu, kamu juga dapat mengunduh sejumlah game online yang menuntut kamu mengasah kemampuan otak, seperti catur, teka-teki, atau puzzle. Dengan cara ini, kamu dapat refreshing sekaligus meningkatkan kecerdasan otakmu.

Jadi, siap berlatih untuk mengasah daya ingat Kamu? Semoga berhasil!

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top