Career

Enam Pertanyaan Ini Bantu Kamu Dapat Pekerjaan Sesuai Harapan

Bagaimana memutuskan apakah perusahaan itu tepat untuk kamu? Manajer HR bisa mengatakan semua hal yang bagus-bagus selama wawancara berlangsung. Lantas, bagaimana mengetahui apakah kamu cocok dengan perusahaan tempat kamu melamar?

Memang, betapa mengecewakannya memiliki harapan tinggi dan kemudian menyadari selama minggu pertama bekerja, keadaan tidak sesuai seperti yang dibayangkan. Mungkin kamu telah melakukannya dengan cara yang salah.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk bekerja di tempat baru, kamu mesti bertaya pada diri sendiri seperti apa pekerjaan dan atasan yang ideal untuk kamu. Kemudian, ajukan permohonan kepada perusahaan yang sesuai dengan kriteria, bukan menyebar CV ke setiap iklan pekerjaan.

Ada enam pertanyaan yang mesti kamu temukan jawabannya sebelum memutuskan untuk melamar pekerjaan.

1. Seperti apa hari kerja yang ideal bagi Anda?

Apakah kamu memikirkan tentang jam kerja yang fleksibel serta kemungkinan untuk bekerja jarak jauh? Atau mungkin, kamu adalah orang yang merasa bahwa hari kerja ideal adalah hari di mana kamu bisa bekerja dengan orang-orang yang selevel. Semakin spesifik, semakin jelas tujuan dan prioritas kamu. Hal ini akan membantu mengidentifikasi pekerjaan dan perusahaan yang tepat dalam pencarian pekerjaan kamu.

2. Apa pandangan Anda tentang lingkungan kerja yang sempurna?

Anggap ini sebagai daftar keinginan tentang impian kamu. Jangan takut bermimpi besar. Tidak ada yang mustahil bila kita memikirkannya. Jelaskan hal yang Anda inginkan di lingkungan kerja yang sempurna. Mungkin kamu tidak bisa mentolerir bau asap rokok. Jika demikian, kantor dengan ruang merokok mungkin merupakan jalan keluar untuk kamu.

Apa pun itu, mengetahui apa yang kamu inginkan dan yang tidak diinginkan akan membantu mempersempit daftar perusahaan yang kompatibel bagi kamu

3. Apa yang mendorong Anda?

Apa motivasi utama kamu di pekerjaan yang digeluti? Kamu memiliki passion di bidang atau industri tertentu? Atau mungkin kamu suka didorong dengan target penjualan? Penting bagi kamu untuk mengetahui apa yang menjadi motivasi.

4. Gaya kepemimpinan macam apa yang menginspirasi kamu?

Apakah kami lebih memilih bos berwibawa yang menetapkan tujuan visioner dan mengilhami kreativitas dan sumber daya karyawannya untuk mencapai tujuan? Atau mungkin kamu menyukai gaya kepemimpinan bak ‘pelatih’ yang berfokus pada pengembangan dan mengasah keterampilan karyawannya?

Mengetahui gaya kepemimpinan yang menginspirasi kamu adalah salah satu aspek terpenting dalam perburuan pekerjaan.

5. Beri nama tiga faktor yang menentukan pilihan kamu.

Apa tiga faktor teratas yang biasanya mempengaruhi pilihan seseorang; gaji, tunjangan dan lingkungan kerja. Apakah keragaman tempat kerja sesuai pilihan kamu? Penting untuk merenungkan faktor-faktor ini, karena hal itu menentukan prioritas kamu.

Ada banyak alasan mengapa kamu tidak menemukan perusahaan yang tepat untuk bekerja, karena kamu tidak memikirkan tiga prioritas saat menerima tawaran pekerjaan.

6 Anggota tim seperti apa yang ingin kamu miliki?

Pikirkan anggota tim terbaik yang pernah Anda miliki dalam karier sejauh ini. Seperti apa mereka? Hal apa yang bisa kamu bagi bersama? Mengetahui hal ini akan memberi kejelasan kepada jenis perusahaan yang harus kamu targetkan. Memiliki rekan kerja yang berpikiran sama dapat menstimulus produktivitas dan kepuasan kerja secara keseluruhan.

Di sisi lain, kamu mungkin seorang introvert yang lebih suka bekerja secara terpisah. Jika memang begitu, kamu pasti tidak ingin bekerja di perusahaan yang mendorong suasana kerja yang ramah.

Sekarang setelah kamu mempersempit atribut dan nilai dari perusahaan impian, bagaimana kamu menemukan prospek yang sesuai? Ada banyak informasi yang bisa didapatkan untuk membantu pencarian pekerjaan kamu. ItuHanya saja,  itu membutuhkan sedikit usaha untuk menyaring semua. Apakah kamu sudah melakukan salah satu dari hal di atas?

Editor: Sigit Kurniawan

 

MARKETEERS X








To Top