Technology

FedEx Kembangkan Robot Pengantar Barang

Sumber: FedEx

Perkembangan teknologi membuat banyak orang terus berinovasi untuk mempermudah kehidupan. Salah satunya, inovasi teknologi dalam urusan logistik. Kini, FedEx dikabarkan bersiap meluncurkan armada robot pengiriman. Keistimewaan dari robot ini, salah satunya adalah dapat menaiki tangga.

Musim panas ini, robot tersebut bersiap untuk menjalani tes untuk tugas pengiriman barang ke rumah. Ke depannya, FedEx menargetkan kerja sama dengan Walmart Inc serta Pizza Hut. Harapannya, penemuan-penemuan terbaru dapat memastikan pengiriman barang dapat langsung diterima pelanggan tepat di balik pintu mereka.

Dalam hal ini, FedEx berkolaborasi dengan DEKA Development & Research Corp. Pendiri DEKA Dean Kamen merupakan penemu Segway stand up skuter dan iBot kursi roda yang dapat menaiki tangga. FedEx berencana menjadikan armada robot tersebut untuk pelayanan pengiriman pendek atau tiba di hari yang sama.

Pelayanan tersebut beroperasi di 1.900 kota di seluruh dunia. Robot akan menggunakan energi dari baterai. Dilengkapi dengan kamera dan perangkat lunak yang akan membantu mendeteksi serta menghindari halangan ketika melewati jalan. Kecepatan tertinggi yang dimiliki adalah 16 kilometer per jam.

Namun, seperti dilansir DailyMail, untuk alasan keselamatan, tidak sedikit yang beranggapan bahwa manusia sebagai pengendara cadangan diperlukan. FedEx sendiri menargetkan dapat memberikan layanan pengiriman cepat dan murah. Pihak pengguna layanan tersebut, seperti restoran, nantinya akan diminta membayar 10 sampai 30% komisi per pesanan.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top