Resource & Energy

Fokus Strategi dan Bisnis Ban Bridgestone Tahun 2019

(Ilustrasi: Alaska Tire Service)

Bridgestone di bawah PT Bridgestone Tire Indonesia mengakhiri bisnis mereka tahun lalu dengan pertumbuhan yang cukup baik, baik di segmen kendaraan penumpang juga kendaraan niaga, seperti truk dan bus. Tahun lalu, lebih dari 5% penjualan ban Bridgestone di segmen kendaraan penumpang telah tumbuh. Pertumbuhan tersebut pun akan dijaga sepanjang tahun 2019. Apa saja yang akan mereka lakukan?

“Banyak aktivitas yang akan kami lakukan tahun ini. Mulai dari meluncurkan produk baru, kampanye Chase Your Dream, hingga mengumumkan tim Bridgestone Indonesia yang juga brand ambassador kami,” ujar Yuichi Asaoka, Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia.

Sejak awal tahun ini, Bridgestone telah memperluas penetrasinya sebagai penyuplai ban bawaan atau OEM beberapa pabrikan mobil, seperti All New Toyota Camry, All New Rush, New Toyota Avanza, dan New Daihatsu Xenia.

Lebih detil, Marketing & PR Section Manager PT Bridgestone Tire Indonesia Agustini menerangkan bahwa pihaknya tahun ini akan meluncurkan satu produk ban baru. Ban tersebut akan bermain di segmen mobil sport, khususnya sedan. Mobil seperti BMW pun menjadi incaran target segmen mereka.

Produk ini pun melebarkan target segmen yang sebelumnya diperuntukkan bagi segmen turing dengan meluncurkan Turanza. “Kami ingin ada di semua segmen. Meski termasuk niche market, tetapi pasarnya tetap tumbuh,” jelas Agustini.

Selain itu, Bridgestone juga mengumumkan kehadirannya pada ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) yang akan dihelat beberapa bulan mendatang. Ajang ini pun kemungkinan akan menjadi lokasi peluncuran produk sport tersebut.

Jaringan

Bukan hanya penetrasi produk. Jaringan penjualan Bridgestone juga diperluas, baik offline maupun online. Jaringan ritel bertajuk Toko Model (TOMO) terus diperluas sebarannya. Hadir sejak 1988, TOMO kini telah berjumlah 300 gerai yang tersebar di 28 provinsi dan 111 kota di seluruh Indonesia.

Selain itu, Bridgestone juga memiliki jaringan Bridgestone One Stop Service (BOSS) yang menjadi lini premium dari TOMO dan tersebar di Cibitung dan Kalimalang.

“Tahun ini, kami akan perbanyak jaringan TOMO hingga berjumlah 312 dan TOMOnet sebagai jaringan online. TOMOnet pun akan hadir di dalam aplikasi. Berbagai opsi pembayaran dan digital promo akan kami hadirkan di sana,” tambah Asaoka.

Semua strategi ini akan dikerahkan Bridgestone di pasar ban Tanah Air, khususnya segmen premium. Bridgestone mengklaim bahwa merek mereka cukup kuat diasosiasikan sebagai ban dengan imej yang tinggi.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top