Google Year in Search: 2018 Insights for Brands
Consumer Goods

Free Ongkir Jadi Promosi e-Commerce Paling Favorit

Ilustrasi: 123rf

Ipsos sebagai perusahaan riset pemasaran belum lama ini mengeluarkan studi mengenai dunia e-commerce Tanah Air. Bertajuk e-Commerce Outlook 2018, Ipsos menemukan beberapa hal menarik terkait perilaku pembelanja daring akhir-akhir ini. Salah satu temuannya yang menarik adalah seputar promosi yang paling banyak diminati oleh masyarkat daring Indonesia.

Menurut temuan mereka, sebesar 56% audiens Ipsos memilih free delivery sebagai promosi yang bisa mendorong mereka belanja di e-commerce. Salah satu pelaku bisnis yang identik dengan promo ini adalah Shopee. Shopee pun mengakui bahwa aktivitas promosi ini berhasil mendorong pertumbuhan bisnis mereka hingga terus diperbarui.

Selain gratis ongkir, Ipsos juga menemukan bahwa 21% konsumen daring Indonesia bisa digoda untuk berbelanja dengan program cash back.

“Selain itu, 16% konsumen e-commerce Indonesia memiliki ketertarikan kepada diskon harga, 5% voucer potongan harga, dan 2% program semacam Buy One Get One,” jelas Andi Sukma, Head Of Observer IPSOS.

Temuan ini dikatakan berlaku untuk segmen konsumen milenial dan non-milenial. Dua segmen beda generasi ini memiliki ketertarikan promosi yang sama. Meski begitu, ada sebagain dari generasi non-milenial yang menyukai program lucky dip -namun tidak disukai oleh generasi milenial.

“Profil netizen yang berbelanja di e-commerce sangat menarik. Temuan ini pun bisa dijadikan referensi bagi pelaku bisnis,” tutup Andi.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top