Mshop-leaderboard-mobile
Technology

Gali Potensi Bisnis, India-ASEAN ICT Expo 2017 Hadir di Jakarta

Gali Potensi Bisnis, India ASEAN ICT Expo 2017 Hadir di Jakarta Medsos-effect
Ilustrasi: 123rf

Indonesia telah menjadi mitra dagang terbesar kedua bagi India di kawasan ASEAN. Begitupun dengan India yang merupakan salah satu mitra dagang terkemuka untuk ASEAN. Kedua wilayah tersebut telah menunjukkan komplementaritas bagi bisnis untuk tumbuh dan berkembang.

Perdagangan bilateral India-Indonesia telah mencapai US$ 24,10 miliar pada 2015-2016. Untuk memperkuat hubungan dan komitmen antara India dan kawasan ASEAN, Telecom Equipment & Services Export Promotion Council (TEPC) yang merupakan dewan promosi dan layanan ekspor telekomunikasi India, mempersembahkan India-ASEAN ICT Expo 2017.

Digelar pada tanggal 6 dan 7 Desember 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, ajang ini akan menghadirkan konferensi seputar dunia teknologi yang telah didukung oleh Departemen Perhubungan dan Telekomunikasi Pemerintah India, dan NASSCOM. India – ASEAN ICT Expo 2017 akan menjadi platform untuk konvergensi teknologi dan pertukaran bisnis.

Acara ini akan sangat membantu tidak hanya dalam melihat peluang jalur kredit yang diumumkan oleh pemerintah, namun juga akan membantu perusahaan dalam membangun basis bisnis yang kuat di pasar negara-negara berkembang. Fokus dari acara ini sendiri adalah IT dan telekomunikasi. Seperti yang kita tahu, dua sektor ini tengah menjadi tulang punggung bagi pertumbuhan suatu wilayah/negara manapun dan Indonesia telah menjadi salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di Asia dalam adopsi dan komunikasi TIK teknologi.

Pemerintah Indonesia pun tengah melakukan pembangunan basis internet dan konektivitas broadband, pasar mobilitas jalur cepat serta proyek e-government dan citizen-centric dengan cepat. Hal ini membuat Indonesia menjadi pasar potensial untuk produk-produk telekomunikasi India dan memiliki permintaan yang bagus untuk proyek telekomunikasi.

Di sisi lain, India telah membuktikan kemampuannya di sektor TIK. Negara ini juga diakui sebagai tujuan pilihan untuk produk dan layanan telekomunikasi dengan transfer teknologi produk tersebut yang dirancang melalui litbang untuk kebutuhan negara berkembang.

Dengan permintaan domestik yang besar untuk peralatan telekomunikasi di India, berbagai perusahaan melalui inovasi dan R&D yang ada mampu menciptakan produk kelas dunia untuk India dan juga pasar negara berkembang lainnya.

Pada acara ini, akan mempertemukan lebih dari 100 perusahaan dari India dan kawasan ASEAN dan menarik lebih dari 2000 pengunjung pameran. Beberapa nama seperti Manoj Sinha, Menteri Komunikasi India berkunjung ke Indonesia dan memimpin delegasi industri TIK India. Aruna Sundararajan, Sekretaris, Departemen Telekomunikasi, dan Pemerintah India juga akan hadir pada acara ini. Selain itu, 10 Menteri ICT di kawasan ASEAN juga diundang oleh Pemerintah India untuk hadir di India – ASEAN ICT Expo 2017.

 

Editor: Eko Adiwaluyo

Most Popular








To Top