Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Wanita Hamil Ternyata Pasar Potensial Game Smartphone

game smartphone
Kredit foto: Bloomberg

Tidak salah memang jika menyebutkan bahwa mayoritas pemain game, baik di konsol, PC, maupun, mobile seperti smartphone didominasi oleh pria. Berdasarkan data developer game mobile Gameloft, di Indonesia pria mendominasi sebanyak 61%.

“Kalau dari data kami, sebanyak 27% pasar laki-laki itu usianya 20-an sampai 35 tahun,” ujar Head of Sales and Marketing Gameloft Indonesia Arthur Constant di ajang Jakarta Marketing Week 2017 pada Selasa (9/5) 2017.

Sementara dari sisi segmen usia secara umum, pemain game smartphone alias mobile game-game dari Gameloft mencapai 39% di rentang 18 sampai 34 tahun. Artinya memang game masih dimainkan oleh para millenial. Segmen usia besar lainnya adalah anak-anak di bawah 13 tahun sebanyak 38%.

Namun walau dari data di atas hanya sebanyak 39% saja alias hampir sepertiga dari total pasar perempuan bermain game, Arthur tidak menganggap sebelah mata. “Data kami menunjukan bahwa 80% perempuan itu main game smartphone. Dari ibu rumah tangga sampai spesifik ibu hamil,” ungkapnya.

Tentu saja ini pasar potensial. Dengan portofolio sebanyak 300 lebih game, Arthur melihat segmen perempuan cenderung memilih game ringan, tidak seperti game dengan kebutuhan kualitas grafis besar. Salah satu alasan mereka main game tentu saja karena memiliki waktu luang lebih banyak. Seperti ibu hamil, dengan aktivitas fisik yang jauh lebih berkurang, pada akhirnya mereka mengalurkan tenaga dan mengisi waktu dengan bermain game.

Tentu saja bermain game di smartphone jauh lebih nyaman dibanding harus bermain di perangkat lain. Menurut Arthur dengan penetrasi tinggidi Indonesia yang bisa mencapai 61% orang Indonesia memiliki smartphone, bermain game di mobile lebih praktis karena bisa dibawa ke masa saja. Selain itu install-nya pun sangat mudah.

Artinya, pasar game terutama game smartphone memang sangat potensial. Arthur menunjukan data bahwa sekitar 88% waktu di smartphone dihabiskan di platform aplikasi. Sisanya yang 12% lagi lebih ke aktivitas browsing. Dari jumlah waktu di aplikasi itu, 33%-nya dihabiskan untuk bermain game.

“Kalau dirata-ratakan sekitar lima sampai tujuh kali orang Indonesia main game smartphone, atau sekitar 30 menit sehari,” ujar Arthur lagi.

Gameloft sendiri sudah 17 tahun fokus di game berbasis mobile. Mereka mengklaim sebagai provider terbesar di dunia saat ini. Data terbaru mereka menunjukan bahwa game-game produksi mereka di-download sebanyak 2,8 juta kali per hari di seluruh dunia. Dalam satu bulan Gameloft memiliki sekitar 140 juta unique user.

Most Popular








To Top