AMS 2018 Leaderboard
Transportation & Logistic

Gandeng JD.ID, Garuda Indonesia Tingkatkan Ancillary Revenue

Diversifikasi bisnis adalah hal wajar dalam upaya meningkatkan pendapatan perusahaan. Upaya ini terjadi hampir di semua industri, termasuk industri penerbangan. Garuda Indonesia, maskapai nasional yang merupakan full-service airlines pun berupaya mencari terobosan sumber pendapatan di tengah rapor merah yang masih melanda perusahaan ini.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah mengembangkan layanan e-commerce dengan menggandeng JD.ID yang merupakan e-dagang yang berafiliasi dengan JD.com. Bentuk kerjasamanya dengan membuka GarudaShop di website JD.ID.

“Kerjasama strategis ini juga bagian dari upaya peningkatan layanan Garuda Indonesia untuk  memudahkan pengguna jasa melakukan pembelian merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia lainnya melalui online. Selain itu, pemegang Kartu kredit Garuda Indonesia – BNI dan Garuda Indonesia Citi Card juga akan diberikan program khusus untuk bertransaksi di Garudashop ini,” kata  Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., Pahala N. Mansury, dalam siaran persnya terkait kerjasama ini, (13/02/2018).

Sebelumnya merchandise dan produk esklusif Garuda tersebut hanya dapat dibeli oleh penumpang ketika terbang dengan Garuda Indonesia. Melalui penandatanganan kerjasama strategis tersebut, kini seluruh penumpang Garuda Indonesia dengan mudah dapat membeli berbagai merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia melalui kanal khusus GarudaShop di website JD.ID.

Pahala menambahkan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk mengembangkan bisnis non-core penerbangannya.  Sebuah upaya yang disebut dengan peningkatan “Ancillary Revenue” yang terus tumbuh dan sangat potensial untuk dikembangkan. “Garuda Indonesia menargetkan pendapatan dari Ancillary Revenue tahun ini sebesar USD 54 juta,” katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa langkah ini sesuai dengan visi Garuda Indonesia untuk menjadi IT-Based Airline. Serta untuk mengoptimalkan seluruh kanal distribusi dengan berfokus pada digital. Adanya GarudaShop di JD.ID ini juga memberikan  nilai tambah digital experience bagi seluruh penumpang Garuda Indonesia.

“Kerjasama ini juga merupakan kerjasama dua korporasi besar megingat saat ini JD.ID merupakan salah satu perusahaan e-dagang terbesar dan terpercaya di Indonesia yang terus tumbuh dengan pesat,” tambah Pahala.

Sementara itu, President Director JD.ID Zhang Li mengatakan bahwa kemitraan strategis ini juga bertujuan untuk memberikan nilai tambah para pelanggan JD.ID. Apalagi, bagi e-dagang ini, para pelanggan selalu menjadi inspirasi untuk terus berinovasi dan memberikan sebuah pengalaman berbelanja online ke offline yang menarik. “Kami percaya apa yang kita mulai hari ini akan menjadi sebuah standar terbaru untuk industri layanan, baik di sektor penerbangan maupun e-dagang di Indonesia,” tegasnya.

Di kanal GarudaShop nantinya akan menjual beberapa merchandise dan produk eksklusif Garuda Indonesia kepada public dan pelanggan, di antaranya produk untuk kebutuhan traveling, jam tangan, perhiasan, parfum, peralatan kecantikan, gadget, hingga merchandise menarik untuk anak-anak dengan harga menarik. Adanya layanan ini, para pelanggan Garuda Indonesia dapat dengan mudah berbelanja kebutuhan untuk travelingnya secara online.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan secara bersama-sama oleh President Director JD.ID Zhang Li dan Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansury   di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sebelumnya, pada pertengahan tahun 2017 lalu JD.ID juga telah bekerjasama dengan anak usaha dari Garuda Indonesia, yaitu maskapai low cost Citilink dalam hal kolaborasi perdagangan online dalam penerbangan.

 

MARKETEERS X

Most Popular








To Top