Retail & Property

Gandeng TIKI, Bukalapak Kembangkan Kemampuan Pelapak di Kaltim

Kopdar Gabungan Pelapak Kaltim

Bukalapak sebagai marketplace terus memperkuat eksistensi mereka di pasar nasional. Bukan sekadar menambah jumlah penggunanya, Bukalapak terus mengembangkan kemampuan para pelapak (sebutan untuk para penjual) mereka. Bersama dengan TIKI -sebagai partner logistik mereka, Bukalapak mengembangkan kemampuan para pelapak mereka di Kalimantan Timur.

Dengan Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur, mereka mengadakan Kopdar gabungan. Kopdar ini merupakan gabungan para pelapak dari kota Balikpapan, Bontang, dan Samarinda. Samarinda dipilih sebagai tempat pelaksanaan kopdar karena dianggap paling srategis yang diapit oleh Balikpapan dan Bontang. Acara ini dihadiri oleh sebanyak 50 pelapak dari Kalimantan Timur.

Mengusung tema “Bagaimana Meningkatkan Penghasilan dengan Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak”, kopdar gabungan banyak membahas hal teknis berjualan online.

“Sebetulnya, di masing-masing kota juga kerap mengadakan kopdar, namun kopdar gabungan ini dibuat untuk memperluas jejaring bisnis sesama Pelapak di Kalimantan Timur. Pengalaman tentang bagaimana menulis judul dan mengambil foto produk dengan baik menjadi materi yang ditunggu oleh para peserta kopdar,” Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak dalam siaran resminya.

Fikri menambahkan, peserta juga antusias mengikuti bedah lapak dan praktik langsung yang disampaikan oleh kolaborasi para ranger dari Samarinda, Balikpapan, dan Bontang.

Melihat ekosistem di sini, mayoritas barang yang dijual oleh pelapak di Kalimantan Timur adalah aksesori dan kerajinan seperti kalung, gelang, tas. Beragam permasalahan tengah mereka hadapi. Salah satunya, soal logistik.

Kendala logistik yang mereka alami adalah kondisi paket yang tidak rapi sehingga sering mendapat respon negatif dari pembeli karena barang rusak pada saat pengiriman.

Mengatasi hal tersebut, TIKI sebagai salah satu mitra logistik Bukalapak juga turut serta memberikan dukungan dan materi kepada para peserta kopdar. Materi tentang pengemasan barang yang baik agar konsumen merasa puas ketika menerima barang pesanan mereka, disampaikan oleh perwakilan TIKI Kalimantan Timur dalam kegiatan ini.

“Sebagai mitra logistik, kami menyediakan berbagai layanan pengiriman yang bisa digunakan untuk memaksimalkan bisnis online dari para pelapak di Bukalapak. Kualitas kemasan dan ketepatan waktu penerimaan barang pesanan oleh pengguna adalah hal penting yang harus diperhatikan,” ujar H. Handry Setiawan, Pimpinan TIKI Samarinda.

Kopdar gabungan Komunitas Bukalapak Kalimantan Timur ini pun diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas di regional lain untuk menambah jaringan bisnis dengan merangkul komunitas di kota lainnya.

Komunitas Bukalapak yang saat ini sudah tersebar di lebih dari 83 kota di seluruh Indonesia merupakan inisiatif dari para pelapak Bukalapak sendiri. Hingga saat ini, jumlah pelapak Bukalapak telah mencapai lebih dari tiga juta pelapak.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top