Consumer Goods

Gandeng Warung Pintar, Grab Sasar Pedagang Kelontong

Grab dan dan Warung Pintar mengumumkan kemitraan untuk pemberdayaan komunitas lapis bawah di Indonesia untuk beralih ke perekonomian digital. Kemitraan ini didukung dan difasilitasi oleh ASEAN Impact Challenge (AIC), sebuah platform regional yang dirancang untuk menemukan para inovator dan entrepreneur di Asia Tenggara.

Tahun lalu, Grab Ventures telah mengumumkan alokasi dana sebesar US$ 250 juta untuk membantu startup teknologi Indonesia untuk merambah wilayah Asia Tenggara. Grab Ventures Velocity adalah sebuah program peningkatan (scale-up), dan mendapatkan dukungan luas di ekosistem teknologi Indonesia dan Asia Tenggara, baik dari mitra sektor publik maupun swasta. Program tersebut mendukung mitra startup dengan memberikan akses ke pasar regional, pendampingan bimbingan (mentorship), pembuktian konsep yang membantu mengangkat Grab Platform, dan jika cocok, investasi strategis.

Chris Yeo selaku Head Grab Ventures mengatakan bahwa kemitraan ini dalam rangka mendukung lebih dari 8,5 juta pengusaha mikro, terutama di Indonesia. Tujuan utama Grab adalah  memberdayakan 100 juta pengusaha mikro di wilayah ini pada tahun 2020.

“Kami tidak bisa melakukannya sendiri. Dampak kita akan lebih besar dan lebih berarti jika ada kemitraan dengan para inovator yang memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memperbaiki kualitas kehidupan lebih dari 650 juta penduduk Asia Tenggara,” ujar Chris.

Sementara itu, menurut Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia mengatakan bahwa Grab sudah menyiapkan dana untuk membantu para pelaku startup di Indonesia. Baginya, kemitraan dengan Warung Pintar mencerminkan janji Grab berkontribusi terhadap pertumbuhan ekosistem dan bakat startup teknologi Indonesia. Keduanya juga bekerja bersama untuk memberdayakan lebih banyak lagi pengusaha mikro melalui teknologi.

Warung Pintar didirikan dengan misi mengubah bisnis mikro demi masa depan perekonomian Indonesia. Fokus Warung Pintar adalah perkembangan dan pertumbuhan para pemilik kios. Dalam jangka satu tahun sejak berdiri, Warung Pintar sudah membantu lebih dari 1.000 kios untuk berinovasi dan memperbaiki bisnis mereka.

“Kami juga dengan bangga melaporkan bahwa di kuartal ketiga tahun 2018, kami melihat peningkatan signifikan dari pendapatan para pemilik kios, meningkat 37% dari kuartal sebelumnya,” ujar Agung Bezharie, Co-Founder & CEO Warung Pintar.

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X

Most Popular








To Top