SMEMBA 2018 Leaderboard
Finance

Garxia dari Asuransi Astra, Chatbot Pertama untuk Pembelian Asuransi

Kanal online menjadi perhatian Asuransi Astra. Menyambut ulang tahunnya yang ke-62, Asuransi Astra merilis Garda Experience Intelligent Assistant atau Garxia. Ini merupakan layanan berbasis chatbot, yang memungkinkan pengguna bertanya, mencari informasi, mengajukan klaim, hingga melakukan transaksi pembelian asuransi kendaraan bermotor.

“Garxia adalah chatbot pertama yang memungkinkan kita untuk bertransaksi,” kata Rudy Chen, Chief Executive Officer Asuransi Astra.

Asuransi Astra mengaku tidak mengeluarkan biaya yang besar untuk menghadirkan layanan Garxia ini. Pasalnya, segala pembuatan fasilitas ini dilakukan secara internal. Hal ini untuk memudahkan Asuransi Astra jika nanti akan melakukan modifikasi terhadap layanan.

Saat ini, bisnis retail hanya memberikan porsi sebesar 15% dari total transaksi Asuransi Astra. Sisanya didominasi oleh transaksi wholesale, yang menyasar konsumen korporasi. Harapannya layanan ini bisa meningkatkan porsi asuransi untuk retail.

Berbagai penawaran pun dihadirkan oleh Asuransi Astra melalui Garxia ini. Misalnya fasilitas cicilan ketika konsumen melakukan pembayaran melalui kartu kredit. Saat ini terdapat nama Bank Central Asia, Bank Mandiri, dan PermataBank yang telah berkolaborasi dengan Asuransi Astra.

Asuransi Astra melihat Garxia bisa menghadirkan efisiensi terhadap biaya operasional. Sayang, Rudy tidak mau membocorkan berapa cost yang bisa mereka hemat melalui layanan ini. Yang jelas, Asuransi Astra memastikan meski transaksi melalui Garxia ini mudah dan sederhana, faktor keamanan tetap terjaga.

Garxia sendiri akan menambah channel Asuransi Astra dalam menjangkau nasabah, di samping gerai tradisional dan Garda Oto Digital. “Di gerai ada karyawan dan jam kerja. Sedangkan melalui Garxia, kita bisa membantu nasabah selama 24 jam,” kata Rudy.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top