Mshop-leaderboard-mobile
Lifestyle & Entertainment

Gaya Baru Barli Kreasikan Batik Jambi di JFW 2018

Gaya Baru Barli Kreasikan Batik Jambi di JFW 2018 barli2
Photo Credits: Marketeers

Berkiprah di dunia mode sejak 16 tahun lalu tak membuat Barli Asmara kehabisan ide. Dalam Jakarta Fashion Week (JFW) 2018, Senin (23/10/2017), koleksi terbaru Barli Asmara terlihat diadopsi dari batik Jambi. Berbeda dari koleksi Jambi Kain Negeriku by Barli Asmara terdahulu yang berkonsep monokrom, kini Barli menampilkan berbagai warna pastel. Tak ingin terkesan kuno, motif batik Jambi ia rancang dengan nuansa modern nan elegan.

Warna-warni balutan busana berkonsep batik dan songket motif Jambi hadir di panggung Fashion Tent JFW 2018. Barli mengatakan, ia membutuhkan sekitar 10 bulan untuk mempersiapkan koleksi yang khusus dipresentasikan dalam gelaran JFW 2018.

“Sekitar 10 bulan, saya bersama tim melakukan berbagai kegiatan pembinaan kepada para pengrajin untuk mengembangkan motif batik dan songket Jambi ini. Dengan menggandeng para pengrajin batik dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), saya berharap dapat melestarikan budaya batik Jambi sekaligus membantu para pelaku UMKM,” kata Barli.

48 koleksi Barli dikerjakan oleh sekitar 50 pengrajin. Dari 200 motif flora khas Jambi, Barli memilih beberapa motif tertentu yang dikreasikan dalam koleksinya seperti motif batang hari, daun karet, sawit, rotan, bunga sepatu, kelupaku, tampu manggis,dan durian pecah.

Untaian koleksi gaun yang ditampilkan terlihat menggunakan bahan dasar yang cukup beragam. Beberapa koleksi tampak berbahan dasar kain sutra, semi sutra kembang, organdie, viscose, dan sifon. Dengan beberapa potongan dan layer seperti siluet berpotongan elegan, mermaid, hingga A-Line terlihat menghiasi deretan koleksi Barli kali ini.

Editor: Sigit Kurniawan

Most Popular








To Top