Automotive

Geber di Sentul, Pebalap Dapat Top Speed New Ninja 250 169 Kpj

Geber di Sentul, Pebalap Dapat Top Speed New Ninja 250 169 Kpj New-Ninja-250
Sumber: Instagram Kawasaki Indonesia (@kawasaki_indonesia)

Menggeber motor baru di sirkuit internasional tentu menjadi kegiatan yang seru bagi para pecinta dunia otomotif. Nah, beruntung Marketeers mengawali tahun 2018 ini dengan menguji motor anyar dari Kawasaki tersebut, yakni New Ninja 250. Bersama sekitar 60 para awak media yang lain, blogger dan vlogger, New Ninja 250 digeber ramai-ramai. Berapa top speed yang didapat?

Menurut pengakuan A. M. Fadly, Pebalap Kawasaki Manual-Tech yang ikut serta test ride New Ninja 250 pekan lalu (Jumat, 12/1/2018) motor yang digeber sebanyak tiga putaran ini bisa Fadly geber hingga kecepatan 169 Kpj di 14.000 RPM. Sayang Jonathan Rea, Brand Ambassador All New Ninja 250 yang merupakan Pemenang World Superbike Championship (WSBK) sebanyak tiga kali berturut (2015, 2016, dan 2017) yang juga menguji motor ini, tidak ingin berkomentar banyak soal top speed. Rea hanya berbicara bahwa motor ini sangat ringan.

Tim Marketeers yang juga ikut menguji motor dua silinder ini cuma bisa mencatatkan top speed 160 Kpj di putaran kedua. Impresi yang didapat dari motor ini pun hadir sejak pertama kali diduduki. Wow, ternyata ada motor full fairing yang nyaman dan tidak membuat tangan, telapak tangan, dan punggung pegal. Setidaknya, itu yang dirasakan selama sekitar 15 menit di dalam trek.

Mungkin ini rasa yang dihasilkan dari rangka yang diadopsi dari Kawasaki H2 yang lebih ringan dari versi sebelumnya dan konstruksi baru dari New Ninja 250. Saat digeber dan badan tergoda untuk menunduk pun terasa sangat nyaman ketika dada disanggah oleh tangki bensin motor ini. Pada kecepatan 160 Kpj pun motor masih terasa nyaman, stabil dan minta digeber lagi. Sayang tikungan sudah di depan mata.

Namun, kenyamanan selama berkendara dalam lintasan lurus harus dibayar ketika menikung. Pengendara Marketeers yang berpostur tubuh dengan tinggi 165 cm dengan berat badan 60 kg agak kesulitan ketika harus menikung di kecepatan tinggi dengan stang yang terasa sangat lebar.

Dari mana performa ini dihasilkan? Mengenai spesifikasinya, New Ninja 250 menggunakan mesin yang kurang lebih sama dengan Ninja 250 versi sebelumnya. Hanya saja konstruksi dan desain motor ini benar-benar baru. Mesin DOHC berpendingin cairan, empat-stroke parallel twin, delapan valves ini diperkuat dengan transmisi enam percepatan.

Tenaga maksimal yang dikeluarkan dari motor ini adalah 28,5 kW (39 PS) pada 12.500 rpm dengan torsi 23,5 Nm pada 10.000 rpm. Jika dibandingkan dengan Ninja 250 versi 2017, New Ninja 250 yang desain mesinnya lebih ringkas mendapat tambahan tenaga sekitar 7 PS. Untuk konsumsi bahan bakarnya, PT Kawasaki Motor Indonesia mengklaim 14 liter bensin dapat memacu motor ini hingga kurang lebih 400 Km atau perbandingannya sekitar 1:25. 1 liter untuk 25 Km.

Airbox pun diperbesar dari 4.7L menjadi 5.8L yang artinya, aliran udara lebih mudah masuk ke ruang bakar sehingga pembakaran lebih baik dan power yang dihasilkan bertambah. Radiator fan cover pun dirancang untuk melepas panas lebih baik. Desain ini sepertinya akan sangat membantu ketika motor ini dihadapi dengan jalanan ibu kota yang macet-macet menyenangkan.

Beberapa perubahan lainnya juga dilakukan pada suspensi depan maupun belakang, piringan cakram yang diperbesar, desain velg baru dengan bobot yang lebih ringan, dan desain tangki bensin yang lebih slim namun kapasitas turun dari 17 liter menjadi 14 liter. Cockpit area pun mengalami perubahan desain dengan desain khas big bike, Ninja 650.

Pada bagian wajah, desain front crowl yang tajam khas Big Bike Kawasaki dan lampu utama LED sudah menjadi bawaan motor ini. Sementara buritannya terinspirasi dari burita Ninja ZX-10R dan sudah menggunakan LED.

Bagi penulis sih motor ini sudah cukup ganteng. Namun, bagi kamu-kamu yang belum puas, KMI juga menyediakan beberapa aksesori, seperti windshield yang lebih besar, frame slider, single seat cover, tank pad, dan DC output yang bisa digunakan sebagai charger ponsel.

Di pasar Indonesia, motor ini ditawarkan dalam dua versi, standar, dan ABS. Untuk versi standar, ada empat pilihan warna, Lime Green, Metallic Spark Black, Passion Red yang dibanderol dengan harga Rp 61,9 juta dan KRT Edition (Special Edition) yang dibanderol dengan harga Rp 64,3 juta. Sementara, untuk varian ABS, terdapat warna Passion Red (Rp 71,9 juta) dan Candy Burnt Orange MDP (Rp 72,4 juta). Semua harga ini adalah harga on the road Jadebekser.

Varian New Ninja 250

Varian New Ninja 250

Editor: Sigit Kurniawan

MARKETEERS X








To Top