Finance

Gen Y Enggan Terikat Waktu, Ini Solusi Yang Dihadirkan BCA dan NET

Dari sekian banyak pemain perbankan, Bank Central Asia menjadi salah satu tujuan favorit generasi milenial. Tak hanya beradaptasi dengan tren yang ada dalam urusan produk, BCA juga melakukan branding secara online dan offline sehingga menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman bagi milenial. Karenanya, BCA melakukan berbagai perubahan pada ruang kerja menjadi open source, program buddy bagi pekerja baru, flexi hours di unit kerja IT, hingga penggunaan teknologi digital bagi pekerja dalam mengakses informasi di mana saja. Tak hanya itu, BCA juga mengadakan banyak event kompetisi internal. Bahkan, BCA juga menghadirkan berbagai sarana untuk work life balance, seperti komunitas olahraga, seni, konseling, dan Program Sehat bersama BCA.

“Kami juga menghadirkan hal unik yang membedakan BCA dengan perusahaan lainnya,” kata Hendra Tanumihardja, Executive Vice Presiden Human Capital Management PT Bank Central Asia Tbk.

Hal yang dimaksud seperti jenjang karier yang mengutamakan grow from within (kaderisasi internal), reward atau bonus berdasarkan kinerja dan mekanisme yang transparan. “Dan kesempatan belajar melalui program maupun sarana edukasi yang berkualitas, namun juga pengembangan soft skills pribadi pekerja,” kata Hendra.

BCA pun kerap melakukan learning activity untuk menginternalisasi tata nilai BCA kepada seluruh pekerja. Selain e-learning, BCA juga menggelar aktivitas sharing yang diberikan oleh sesama rekan kerja. Pekerja juga dijajak proaktif membagikan pengalaman seputar tata nilai selama bekerja di BCA melalui event internal.

Menghadirkan lingkungan yang nyaman menjadi salah satu perhatian generasi milenial. Menurut riset IDN Media bertajuk Indonesia Millennial Resport 2019, sekitar 83%an generasi milenial menganggap bekerja tanpa terikat waktu (fleksibel) menjadi pertimbangan kedua mereka dalam dunia pekerjaan. Angka itu hanya beda tipis pada alasan pertama, yaitu bekerja dengan kebebasan berkreativitas.

Karenanya, PT NET Mediatama Televisi (NET.) menghadirkan sistem kerja flexy time hingga long weekend holiday. “Jika di bulan itu tidak ada tanggal merah, maka Jumat minggu terakhir akan libur,” kata kata Yani Sasmito Hadi, Assistant Vice President Human Resources PT NET Mediatama Televisi. Selain itu, NET. juga menghadirkan berbagai fasilitas lain, seperti klinik kesehatan hingga psikologi.

Untuk memfasilitas Gen Y, NET. juga menghadirkan sistem check in check out pada sebuah area tertentu. Di sini, NET. menyediakan meja kerja yang bersifat tidak permanen. Karyawan cukup mendaftarkan dan akan sistem akan membagi di mana dia duduk. “Sehingga setiap hari, mereka tidak duduk dengan orang yang sama setiap harinya. Mereka bisa tukar pikiran, sosialisasi karena bergaul dengan orang yang berbeda,” kata Yani.

MARKETEERS X

Most Popular








To Top